Bahan Pokok di Kabupaten Bekasi Dipastikan Cukup

    Antonio - 13 Desember 2019 09:33 WIB
    Bahan Pokok di Kabupaten Bekasi Dipastikan Cukup
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Bekasi: Persediaan bahan pokok di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, disebut aman menjelang Natal 2019 dan tahun baru 2020. Kebutuhan masyarakat diklaim tercukupi hingga akhir tahun. 

    "Namun ada kenaikan harga untuk beberapa pangan, karena meningkatnya permintaan setiap akhir tahun," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Wahyudi Asmar, Kamis, 12 Desember 2019. 

    Wahyudi mengatakan kenaikan harga tak signifikan, contohnya telur Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp26 ribu per kilogram. Komoditas pangan lainnya yang mengalami kenaikan adalah beras, daging, dan sayuran. 

    "Untuk beras, Kabupaten Bekasi telah memproduksi 80 persen dari kebutuhan tahunan daerah, jadi cenderung lebih aman dan stabil (persediannya),” jelasnya. 

    Dia menambahkan harga daging sapi lebih mahal di pasar tradisional ketimbang pasar modern. Sebab pasar tradisional mengambil stok sapi lokal yang jumlahnya sudah berkurang secara nasional.

    “Selain itu, kebutuhan daging di Kabupaten Bekasi 42,075 ton per hari, sedangkan wilayah kita hanya bisa memproduksi 10 persen dari angka tersebut. Jadi selebihnya kita datangkan dari luar daerah, seperti Bali, Jawa, NTB, Sulawesi, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

    Pihaknya akan berkerja sama dengan Bulog untuk mengantisipasi keterbatasan daya beli masyarakat. Yakni dengan mensubsidi komoditas melalui pasar murah pada 2 Desember dan 3 Desember 2019 lalu, di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur, dan Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu. 

    Paket yang dijual berupa telur, beras, gula, minyak, dijual seharga Rp 50.000 dari harga Rp 110.000. Sisa harga sebesar Rp 60.000 dibayarkan ke Bulog dengan di subsidi menggunakan APBD Kabupaten Bekasi.

    Untuk mengetahui harga bahan pokok harian, Dinas Ketahanan Pangan telah menyediakan informasi harga yang dapat di akses di laman www.bekasikab.biz.id/hasopangan. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id