SMA 1 Makassar Diduga Memalak Siswa Pindahan

    Muhammad Syawaluddin - 08 Agustus 2019 20:33 WIB
    SMA 1 Makassar Diduga Memalak Siswa Pindahan
    Satgas Tim Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan saat melakukan sidak di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 3 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sulawesi Selatan menyelidiki dugaan kasus pungutan liar di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan. Sekolah itu diduga memalak uang terhadap siswa yang pindah ke sekolah tersebut. 

    "(Kasus) sedang didalami," kata Ketua Tim Saber Pungli Sulawesi Selatan Irwasda Polda Sulsel, Robert Haryanto, di Makassar Sulsel, Kamis, 8 Agustus 2019. 

    Temuan adanya beban yang diberikan sekolah kepada siswa pindahan tersebut diperoleh dari laporan masyarakat. Informasi langsung ditindaklanjuti. 

    "Berdasarkan laporan masyarakat itu, kita konfirmasi dan kami menemukan adanya pungli itu," jelas dia.

    Baca: Tim Saber Pungli Sulsel Sidak Dua Sekolah di Makassar

    Robert belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait jumlah dana yang harus dibayarkan siswa kepada sekolah untuk membayar bangku. Jumlah siswa 'terjebak' kasus ini. 

    Hasil temuan tim lapangan segera disampaikan kepada Tim Saber Pungli, seperti kepolisian, pemerintah dalam hal ini Inspektorat, dan kejaksaan yang tergabung dalam Kelompok kerja (Pokja) Yustisi. "Nanti setelah itu bisa dilanjut ke pidana atau hanya sanksi administratif," jelasnya. 

    Kepala Sekretariat Unit Pemberantasan Pungli Sulsel, Muh. Salim Basmin, mengaku tim satgas saber pungli saat ini sedang menyelidiki informasi yang diterima. Rencananya, dugaan praktik pungli ini akan digelarperkarakan bersama inspektorat dan kejaksaan. 

    "Nanti tim satgas bakal gelar perkara dan menyampaikan hasilnya. Memang kita konfirmasi, klarifikasi, dan mengambil beberapa data informasi terkait data perpindahan siswa itu," katanya. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id