Dua Desa di Bogor Masih Terisolasi

    Rizky Dewantara - 17 Januari 2020 10:31 WIB
    Dua Desa di Bogor Masih Terisolasi
    Akses Jalan Terdampak Longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara
    Bogor: Desa Cileuksa dan Cisarua, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih terisolasi pascalongsor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperpanjang status darurat bencana selama 14 hari. 

    "Perpanjangan status darurat bencana dimulai Rabu, 15 Januari 2020 hingga Selasa, 29 Januari 2020," kata Sekretaris Daerah Pemkab Bogor Burhanudin kepada Medcom.id, Jumat, 17 Januari 2020.

    Menurut dia, masih ada titik longsor di dua desa itu. Sejumlah jembatan di lokasi juga rusak. Jalur menuju kampung itu hanya bisa dilalui sepeda motor sehingga distribusi bantuan belum terpenuhi maksimal.

    "Pengiriman logistik ke Desa Cileuksa dan Cisarua hanya sampai ke kantor desa, untuk distribusi ke kampung-kampungnya masih terkendala akses jalan," tegas dia.

    Seluruh pemangku kepentingan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah menyepakati memperpanjang tanggap darurat tersebut. Kesepakatan ini sudah disampaikan kepada komandan insiden yang dipegang Komandan Distrik Militer 0621 Letnan Kolonel (Inf) Harry Eko Sutrisno.

    Hujan deras yang mengguyur pada awal 2020, menyebabkan enam titik longsor di Bogor. Desa Cisarua, Jayaraharja, Pasir Madang, hingga Cileuksa pun terisolasi.

    Presiden Joko Widodo sempat menyaksikan proses pembukaan akses ke desa yang terisolasi pascalongsor di Sukajaya, Selasa, 7 Januari 2020. Akses yang dibuka berada tidak jauh dari Kantor Desa Harkat Jaya yang menjadi posko bantuan bagi korban yang terdampak bencana.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id