Ancaman Kecanduan Gawai Sehebat Obat - Medcom

    Ancaman Kecanduan Gawai Sehebat Obat

    Patricia Vicka - 17 Oktober 2019 14:09 WIB
    Ancaman Kecanduan Gawai Sehebat Obat
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Yogyakarta: Direktur RSJ Grahasia Akhmad Akhadi menyebut kecanduan gawai ialah salah satu gangguan jiwa. Efek kecanduan gawai serupa buruknya dengan kecanduan obat-obatan. 

    "Jika dibiarkan dapat berefek negatif bagi kemampuan sosialisasi dan perilaku anak. Kebanyakan mereka kecanduan gawai karena keseringan main gim. Bukan karena keseringan main sosial media," kata Akhmad dihubungi Medcom.id, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Anak yang sudah kecanduan memiliki ciri perubahan perilaku negatif jika dijauhkan dari gawai dan kehilangan semangat hidup jika tidak menggunakan gawai.  Misal jika gawai diambil, sang anak mengalami susah tidur atau menjerit dan marah.

    Dalam kondisi yang parah, anak bisa terserang tremor atau gemetar di luar kendali otak pada tangan. Akhmad melanjutkan jika sudah menemukan tanda kecanduan, orang tua diminta segera membawa anak ke psikolog atau psikiater

    "Kecanduan gawai bisa disembuhkan dengan melakukan konseling psikolog secara rutin dan teratur. Mereka akan diminta mengurangi penggunaan gawai. Kalau yang sudah parah membutuhkan obat-obatan," paparnya.

    Pihaknya membuka layanan konseling untuk anak kecanduan gawai. RSJ Grahasia akan bekerja sama dengan RSJ Prof Soerojo di Kota Magelang, Jawa Tengah, untuk penangan lebih lanjut anak yang kecanduan gawai.

    Hingga kini belum ada orang tua yang membawa anaknya konsultasi di RSJ Grhasia karena kecanduan gawai. Pihaknya meminta orang tua bijak mengatur anak dalam menggunakan gawai. Anak didorong bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id