Kemensos Cairkan Bansos Tunai Perdana di Jawa Tengah

    Gervin Nathaniel Purba - 22 Mei 2020 16:44 WIB
    Kemensos Cairkan Bansos Tunai Perdana di Jawa Tengah
    Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan) saat menyerahkan bansos tunai kepada KPM. (Foto: Dok.)
    Semarang: Kementerian Sosial (Kemensos) kembali memberikan bantuan sosial (bansos) tunai kepada masyarakat terdampak virus korona (covid-19). Kali ini, Kemensos memberikan kepada masyarakat di Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis, 21 Mei 2020.

    Pemberian bansos tunai perdana di Semarang dilaksanakan di dua tempat. Pertama, Kantor Pos Kota Semarang Selatan. Kedua, Kantor Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

    Bansos tunai di Kota Semarang Selatan diberikan kepada 1.955 keluarga penerima manfaat (KPM). Sementara di Kantor Kecamatan Ambarawa diberikan kepada 255 KPM.

    Kemensos Cairkan Bansos Tunai Perdana di Jawa Tengah
    (Suasana pencairan bansos tunai di Semarang. Foto: Dok.)

    Para KPM mendapatkan bansos tunai senilai Rp600 ribu per KPM per bulan. Bansos tunai diberikan selama tiga bulan sejak April hingga Juni 2020.

    "Pemberian bansos tunai merupakan bentuk komitmen bahwa negara hadir dengan ditandai Kemensos hadir sebagai bentuk aksi pemerintah dalam melindungi masyarakat terdampak covid-19," ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara, Jumat, 22 Mei 2020.

    Juliari menjelaskan, bansos tunai merupakan bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak wabah covid-19. Bansos tunai tersebut akan disalurkan kepada 8.300.000 KPM.

    Kemensos Cairkan Bansos Tunai Perdana di Jawa Tengah
    (Foto: Dok.)

    Data KPM penerima bansos tunai di Kota Semarang tercatat 117.284 KPM dan akan mendapatkan tambahan 20 ribu KPM. Sementara data KPM di Kabupaten Semarang tercatat sejumlah 27.820 KPM dan akan mendapat tambahan 5 ribu KPM.

    "Jumlah penerima bansos tunai di Provinsi Jawa Tengah sejumlah 1.614.443 KPM, senilai Rp968.665.800.000 per bulan, sehingga sejumlah Rp2,9 triliun untuk tiga bulan, tersebar di 35 Kabupaten/Kota," kata Juliari.  

    Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, penyaluran bansos tunai diharapkan berjalan dengan baik, memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan, dan kesehatan KPM.

    Pemberian Bansos Tunai di Surakarta

    Selain di Semarang, pemberian bansos tunai juga dilaksanakan di Kantor Kelurahan Jagalan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kemensos memberikan bansos tunai kepada 636 KPM.

    "Alhamdulillah penerima bantuan tertib, menggunakan masker, dan menjaga jarak," ujar Juliari.

    Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 51.686 KPM yang berhak mendapatkan bansos tunai di Kota Surakarta. Diharapkan bantuan ini dapat memberikan manfaat dan wabah covid-19 ini segera berakhir.

    Kemensos Cairkan Bansos Tunai Perdana di Jawa Tengah
    (Suasana pencairan bansos tunai di Surakarta. Foto: Dok.)

    KPM asal Surakarta Samiyam merasakan sangat beruntung mendapatkan Bansos Tunai di masa covid-19 ini, dengan nominal Rp600 ribu bisa mencukupi kebutuhan hidupnya dan untuk membeli obat yang selama ini ditopang oleh anaknya.

    Selama masa pandemi, Samiyam berdiam di rumah bersama anaknya dan melakukan aktivitas sehari hari dirumah seperti memasak dan mengurus cucunya. Samiyam baru kali ini keluar rumah untuk mendapatkan bantuan sosial Tunai di kelurahan jagalan dengan protokol covid-19.

    Mensos Juliari berharap, “Semoga Tuhan senantiasa meridhoi upaya yang kita lakukan dan memberikan yang terbaik, dan kita semua segera terbebas dari pandemi ini.”

    Turut hadir pada acara ini Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras dan Sesditjen PFM Nurul Farijati.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id