517 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Aceh Utara

    Fajri Fatmawati - 18 Mei 2020 16:01 WIB
    517 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Aceh Utara
    Ilustrasi. Medcom.id
    Banda Aceh: Sebanyak 517 jiwa dari 283 kepala keluarga (KK) mengungsi akibat banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Banjir disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi.
     
    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan terdapat warga dari dua kecamatan yang mengungsi. Di antaranya Kecamatan langkahan, dan Kecamatan Matangkuli.

    "Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Aceh Utara, mengakibatkan sungai di masing-masing kecamatan meluap," kata Sunawardi, Senin, 18 Mei 2020.

    Dia menerangkan luapan banjir mulai menggenangi permukiman warga sejak Sabtu, 16 Mei 2020, pukul 16.10 WIB. Dia mengaku kerugian bencana masih dilakukan pendataan.

    Baca: 427 Rumah di Aceh Tamiang Terendam Banjir

    Sementara itu, kecamatan yang masih terendam banjir yakni, kecamatan Langkahan, Gampong Buket Lintaneung, Leubok Pusaka dan Kecamatan Matangkuli. Banjir masih menggenangi permukiman warga.

    "Kemudian, Kecamatan Sawang, Gampong Balng Reuling di pekarangan warga dan halaman Masjid Attaqwa Krueng Haji, Paya Rabo Lhok, dan Kecamatan Tanah Luas saat ini kondisi air sudah surut," jelas Sunawardi.

    Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD)  Aceh Utara mengerahkan dua unit Rubberboat nntuk mengevakuasi korban terdampak, dan mengecek debit air di titik banjir. Dia mengaku tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir tersebut.

    "Warga diharapkan agar tetap waspada dan siaga dengan cuaca yang esktrem akibat hujan yang terus menerus," tandasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id