Hasil Swab Perawat RS Royal Surabaya Meninggal Positif Covid-19

    Amaluddin - 20 Mei 2020 05:43 WIB
    Hasil Swab Perawat RS Royal Surabaya Meninggal Positif Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Teka teki penyebab meninggalnya seorang perawat Rumah Sakit Royal Surabaya, Jawa Timur akhirnya terungkap. Hasil tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) perawat bernama Ari Puspita Sari terkonfirmasi positif covid-19.

    "Yang bersangkutan sebelumnya telah rapid test di RS Royal, tapi negatif. Tapi setelah dilakukan tes swab hasilnya positif," kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa malam, 19 Mei 2020.

    Baca: Warga di Kampung Tangguh Surabaya Mengeluh ke Khofifah

    Menurut Joni penyebab lain kematian Ari yang tengah mengandung itu diduga salah satu faktornya adalah kehamilan. Ini berdasarkan hasul kajian dan penelitian Tim Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim. "Orang hamil imunitasnya sering berubah. Nah, kondisi imunitas perawat ini terus berkurang melemah," jelas Joni.

    Dirut RSUD Dr Soetomo ini mengatakan pihak RS Royal sudah menyarankan Ari istirahat lantaran tengah hamil. Namun Ari tetap memaksa bertugas sebagai perawat dengan alasan faktor kemanusiaan.

    Tak ayal, Ari pun tumbang setelah beberapa hari bertugas. Kemudian Ari diistirahatkan karena mengalami gejala klinis covid-19. Lalu pihak RS Royal melakukan dua kali rapid test dan hasilnya negatif. "Kemudian dilakukan tes swab, dan sebelum hasilnya keluar yang bersamgkutan meninggal. Setelah hasilnya keluar ternyata positif," ungkapnya.

    Dengan adanya kasus ini, Joni menekankan pentingnya bagi masyarakat untuk memahami fungsi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tujuannya untuk melindungi masyarakat, utamanya yang memiliki penyakit bawaan. "Makanya kami berharap masyarakat yang berisiko tinggi, untuk betul-betul menerapkan physical distancing yang lebih ketat," pungkasnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id