Pengusaha di Sidoarjo Diminta Turut Bantu Penanganan Korona

    Syaikhul Hadi - 09 April 2020 14:09 WIB
    Pengusaha di Sidoarjo Diminta Turut Bantu Penanganan Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Sidoarjo: Para pengusaha di Sidoarjo, Jawa Timur, diminta turut berkontribusi menangani pandemi korona (covid-19). Plt Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin mengatakan kontribusi pengusahan bisa meringankan beban akibat korona.

    "Pengusaha dapat memberikan bantuannya. Baik berupa uang maupun barang. Bantuan barang seperti alat pelindung diri (APD) dapat diserahkan langsung kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo yang berada di pendopo Delta Wibawa," ujar Nur Achmad di hadapan pengusaha, Kamis, 9 April 2020. 

    Dia menerangkan Gugus Tugas penanganan covid-19 akan membuka rekening untuk menerima bantuan menangani wabah korona di Sidoarjo. Semua bantuan akan disalurkan sesuai dengan skala prioritas penerima bantuan.

    "Pusdalops BPBD Sidoarjo juga membuka pintu bagi pengusaha yang ingin bersimpati menangani dampak wabah covid-19," tambahnya. 

    Dia mengaku keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi korona. Dia mengaku sektor ekonomi akan macet, gara-gara korona.

    "Kami tidak bisa membayangkan apabila pemerintah memutuskan lockdown terkait masifnya penyebaran virus korona,  perekonomian akan hancur," terangnya. 

    Baca: Nekat Mudik, Tambahan Penghasilan PNS Bakal Dipotong

    Dia memastikan dampak korona tidak hanya merugikan pemerintah. Melainkan juga kalangan pengusaha, yang merasakan dampak ekonomi secara langsung. 

    "Kalau tidak bergerak, bapak-bapak juga kena, bukan pemerintah saja, usaha-usaha bapak juga demikian, apa artinya nanti kalau bapak sehat tetapi juga usaha bapak juga bangkrut," tegasnya.

    Pemkab Sidoarjo menganggarkan Rp114 miliar untuk penanggulangan wabah covid-19. Dia mengaku anggaran tersebut jauh dari nilai kebutuhan penanganan korona.

    "Dari anggaran penanganan tersebut, sebanyak Rp45 miliar digunakan untuk penanganan dampak sosial. Pemkab Sidoarjo akan memberikan sembako ke masyarakat pra sejahtera selama dua bulan," imbuhnya.

    Berdasarkan data Kementerian Sosial sekitar 135 ribu warga Sidoarjo akan menerima bantuan. Namun, kata dia, masih banyak masyarakat yang terdampak korona di luar data tersebut.

    "Mari kita bergandengan tangan untuk menangani persoalan wabah korona," tandasnya. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id