Isolasi WNI dan WNA Peserta Ijtima Dunia Dipisah

    Muhammad Syawaluddin - 19 Maret 2020 11:48 WIB
    Isolasi WNI dan WNA Peserta Ijtima Dunia Dipisah
    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)
    Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memisahkan lokasi isolasi bagi warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) peserta Ijtima Dunia Zona Asia di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

    "Kita akan isolasi dulu yang WNA, ada 411 orang. Kita sudah siapkan lokasinya, di hotel," ujar Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 19 Maret 2020.

    Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu, mengatakan, mulai hari ini seluruh peserta yang datang untuk ijtima akan diisolasi. Mereka akan dipantau dan rutin diperiksa kesehatannya sebelum dipulangkan. 

    "Ratusan WNA itu berasal dari Bangladesh, Malaysia, Thailand, Pakistan, dan Singapura," jelasnya. 

    Baca juga: Polri Diminta Mengevaluasi Izin Acara di Tengah Wabah Korona

    Sementara itu, bagi peserta ijtima yang berasal dari luar Provinsi Sulawesi Selatan bakal ditampung di Asrama Haji Sudiang. Mereka dibuatkan tempat darurat untuk penampungan sementara. 

    Nurdin memastikan selama masa isolasi, pemprov memfasilitasi kebutuhan para peserta. Sama seperti WNA, kesehatan para WNI juga dipantau sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing.

    "Mereka akan ditampung di sana (Asrama Haji), sambil menunggu kepulangan sesuai tiket mereka. Bagi yang tidak memiliki tiket kita akan upayakan," jelasnya. 

    Kemudian, bagi peserta yang berasal dari daerah di Sulawesi Selatan, pihaknya bekerja sama dengan Polda Sulsel dan Kodam Hasanuddin XIV untuk menyiapkan kendaraan dan dipulangkan. 

    "Kita tadi bagi tugas, Pangdam dan Kapolda mengoordinasi pemulangan dari Pakatto. Jadi semua sudah diatur untuk pemulangan ini," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id