Papua Pertimbangkan Opsi Lockdown Provinsi

    Roylinus Ratumakin - 16 Maret 2020 16:22 WIB
    Papua Pertimbangkan Opsi <i>Lockdown</i> Provinsi
    Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
    Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua mempertimbangkan opsi lockdown wilayah guna mencegah penyebaran virus korona. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan dalam waktu dekat mengumpulkan seluruh kepala daerah untuk membahas hal tersebut.

    “Dalam pertemuan akan dibahas bagaimana penanganan dan pencegahan secara dini agar kita semua bisa satu suara mengantisipasi masuknya virus ke Papua," kata Klemen, Senin, 16 Maret 2020.

    Klemen mengatakan bukan tidak mungkin lockdown diberlakukan di Papua. Terlebih saat ini ada tiga pasien dalam pemantauan (PDP) di Jayapura dan Merauke.

    Baca juga: Penumpang Kereta Jarak Jauh Dilarang Berangkat Bila Demam

    "Kalau nanti situasi di Papua harus diambil langkah-langkah tidak ada hal yang tidak mungkin untuk kepentingan masyarakat. Walau kesannya ekstrem tapi untuk kebaikan masyarakat,” ujarnya.

    Selain opsi lockdown, pihaknya akan melihat apakah opsi social distancing yakni isolasi dan karantina. Tindakan itu dilakukan agar masyarakat dijauhkan dari pusat keramaian atau kegiatan yang melibatkan banyak orang.

    "Mungkin anak-anak sekolah diliburkan, orang-orang dengan usia tua tidak boleh kerja dulu. Ini contoh atau tindakan ekstrem yang bilamana diperlukan akan diberlakukan,” jelasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id