Pulau Enggano Gelap Gulita

    Marliansyah - 10 Februari 2020 14:57 WIB
    Pulau Enggano Gelap Gulita
    Ilustrasi. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
    Bengkulu: Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, mengalami krisis listrik selama dua pekan terakhir. Listrik padam lantaran Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di pulau terluar tidak mendapatkan pasokan bahan bakar minyak (BBM) solar sejak Desember 2019.

    Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan ada sekitar 4 ribu penduduk yang terdampak. Pihaknya akan mengunjungi Pulau Enggano setelah kapal motor (KM) Pulo Tello selesai diperbaiki di Tanjung Priok, Jakarta.

    "BBM akan dikirim menggunakanan KM Pulo Tello setelah menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Bengkulu. Kemungkinan memakan waktu empat sampai lima hari ke Enggano," kata Rohidin, Senin, 10 Februari 2020.

    Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah menyebut kelangkaan BBM di Pulau Enggano lantaran terkendala transportasi angkutan. Kapal pengangkut BBM ke Pulau Enggano yakni KM Pulo Tello mengalami kerusakan dan dalam perbaikan di Tanjung Priok, Jakarta.

    Camat Enggano Marlansius sebelumnya menyebut Pulau Enggano seperti kota hantu lantaran sangat gelap di malam hari. Pasokan BBM berhenti sejak 28 Desember 2019.

    "Pulau Enggano kalau malam seperti kota hantu dan tak bertuan," ungkapnya. 

    Ia menyebut kebutuhan BBM Pulau Enggano selanjutnya akan diangkut menggunakan KM Pulo Tello. Sebanyak 10 kilo liter (KL) premium, ditambah 15 KL pertalite, dan 4.155 KL biosolar akan dikirim untuk mengisi Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di pulau terluar.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id