Penganiaya Siswa SMA Taruna Palembang Dituntut 8 Tahun Penjara

    Gonti Hadi Wibowo - 10 Februari 2020 18:16 WIB
    Penganiaya Siswa SMA Taruna Palembang Dituntut 8 Tahun Penjara
    Suasana sidang di Pengadilan Negeri Kelas 1-A Palembang, Senin, 10 Februari 2020. Dokumentasi/ Istimewa
    Palembang: Obby Frisman Arkataku,24, terdakwa kasus penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya Delwyn Berli Juliandro,14, siswa SMA Taruna Indonesia Palembang dituntut delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan penjara.

    Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Palembang, Indah Kumala Dewi, mengatakan Obby dituntut dengan pasal 80 ayat 3 juncto pasal 76 huruf c UU nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

    "Terdakwa Obby dituntut pidana penjara delapan tahun dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan penjara dengan dikurangi selama terdakwa ditahan," kata Indah di Pengadilan Negeri Kelas 1-A Palembang, Senin, 10 Februari 2020.

    Tuntutan ini lebih rendah dari dakwaan sebelumnya yakni 15 tahun penjara dengan jeratan pasal 80 ayat 3 juncto pasal 76 c UU Nomor 35 tahun 2014 dan pasal 359 KUHP yakni akibat kelalaian menyebabkan kematian orang lain. 

    Sementara Kuasa Hukum Obby, Hari Susanto, mengatakan pihaknya akan mengajukan pledoi atas tuntutan yang telah dijatuhkan jaksa. Menurutnya ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh Obby tetapi masuk ke dalam tuntutan jaksa.

    "Delapan tahun penjara terlalu berat karena Obby tidak melakukan semua tindakan yang disebut jaksa sehingga kami mengajukan pledoi," kata Hari.

    Ketua Majelis Hakim Abu Hanifah mengabulkan permintaan pledoi terdakwa Obby dan memutuskan untuk menunda sidang hingga, Kamis 13 Februari 2020.




    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id