Pemkot Bekasi Larang Retail Gunakan Kantong Plastik Mulai Maret

    Antonio - 19 Februari 2020 15:30 WIB
    Pemkot Bekasi Larang Retail Gunakan Kantong Plastik Mulai Maret
    Ilustrasi pembeli membawa belanjaannya di dalam kantong plastik saat berbelanja di Pasar Tebet Barat, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020. NTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
    Bekasi: Pemkot Bekasi akan menerapkan larangan penggunaan plastik kepada toko retail mulai 3 Maret 2020. Hal itu dilakukan sebagai upaya penanggulangan sampah yang ada di Kota Bekasi.
    Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahjono, mengatakan saat ini hal tersebut sudah sampai pada tahap sosialisasi akhir.

    Rencananya akan diberlakukan uji coba dengan melibatkan masyarakat pada 21 Februari 2020.

    "Karena nanti tanggal 3 itu akan dicanangkan dimulai dari retail itu nanti tidak akan ada lagi yang pakai plastik, dia akan menggunakan kantong didaur ulang," kata Tri di Bekasi, Rabu, 19 Februari 2020.

    Tri menjelaskan jika pihaknya telah mensosialisasikan hal ini ke pengusaha retail seperti indomaret dan alfamart. Selain itu juga ke pengelola pusat perbelanjaan.

    "Lima bulan lalu sudah kita lakukan sosialisasi sehingga mereka hanya menghabiskan sisa kantongnya yang saja. Jadi pada saat Maret sudah kita mulai, mudah-mudahan kita belajar dari bali, bogor sehingga upaya menjadi cepat lagi," ungkap Tri.

    Tri menambahkan secara bertahap larangan penggunaan kantong plastik juga akan diberlakukan di tempat lain. "Kalau di sini berhasil kemudian di kantor-kantor pemerintahan kemudian setelah itu kita masuk ke sekolah, kemudian masuk ke pasar-pasar," pungkas Tri.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id