Khofifah Minta Kepala Daerah Salurkan Bantuan Tunai Sebelum Lebaran

    Amaluddin - 13 Mei 2020 18:22 WIB
    Khofifah Minta Kepala Daerah Salurkan Bantuan Tunai Sebelum Lebaran
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mendorong kepala daerah di Jatim mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Khofifah ingin BLT-DD tersalurkan kepada warga sebelum Hari Raya Idulfitri.

    "Pak Presiden berpesan agar BLT-DD harus dimaksimalkan dan dipercepat pencairannya sebelum Hari Raya Idulfitri agar dapat dirasakan betul manfaatnya oleh para KPM untuk memenuhi kebutuhannya," kata Khofifah saat video conference, Rabu, 13 Mei 2020.

    Baca: 5 Pengunjung Pusat Belanja di Banyuwangi Terindikasi Covid-19

    Khofifah menjelaskan berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jatim, progress penyaluran BLT-DD Jatim hingga saat ini telah cair Rp21,432 miliar, dan telah disalurkan pada 35.750 KPM di 466 desa dari 15 kabupaten/kota se-Jatim. Diperkirakan hari ini pencairan akan mencapai sepuluh persen.

    Dengan potensi maksimal BLT-DD Jatim yang mencapai Rp2,285 triliun dan akan dibagi untuk 1.265.845 KPM di 7.724 desa, kini desa yang sudah melakukan musyawarah desa (musdes), penetapan KPM penerima BLT-DD sudah mencapai 3.357 desa atau sebesar 43,8 persen.

    Para penerima BLT-DD adalah mereka-mereka yang terdampak oleh covid-19, baik karena kehilangan mata pencaharian, belum terdata pada DTKS, atau memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis. Selain itu, mereka yang berhak menerima BLT-DD juga bukan merupakan keluarga penerima bantuan lain dari pemerintah seperti, PKH, BNPT, Prakerja dan Bansos Tunai lainnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id