comscore

Garda Pemuda NasDem Aceh Gelar Donor Plasma Konvalesen

Antara - 19 Agustus 2021 06:33 WIB
Garda Pemuda NasDem Aceh Gelar Donor Plasma Konvalesen
Salah seorang penyintas sedang mendaftarkan diri sebagai pendonor plasma konvalesen di kantor DPW Nasdem Aceh, di Banda Aceh, Rabu, 18 Agustus 2021. ANTARA/Rahmat Fajri
Banda Aceh: DPW Garda Pemuda NasDem Aceh menggelar donor darah dan mengumpulkan pendonor plasma konvalesen sebagai upaya membantu penanggulangan Covid-19 di Aceh. Dalam kegiatan tersebut  terkumpul 59 kantong darah serta 10 pendonor plasma konvalesen.

"Pandemi belum berakhir, kebutuhan plasma konvalesen saat ini cukup tinggi. Hal itu yang membuat kita mengambil langkah menggelar aksi kemanusiaan ini," kata Ketua Garda Pemuda NasDem Aceh Muhammad Irfan di Banda Aceh, Rabu, 18 Agustus 2021. 
Donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19. Plasma tersebut diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Muhammad Irfan mengatakan aksi donor ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di masa pandemi yang melanda Tanah Air.Kegiatan ini juga merupakan program yang diluncurkan secara nasional guna membantu pemerintah memenuhi kebutuhan donor plasma konvalesen yang sangat tinggi.

"Kami ikut prihatin akan tingkat kebutuhan donor plasma konvalesen tinggi, sehingga NasDem berharap dengan kegiatan kecil ini sedikit memberi dampak, kita tidak boleh diam dan harus bergerak secara bergotong-royong," ujarnya.

Baca: NasDem Palu Bantu APD Relawan Covid-19 dan Sebar Bantuan

Irfan menyampaikan program tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun Garda Pemuda NasDem sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Kami sebagai sayap partai diharuskan untuk berbaur dengan masyarakat, peduli dengan masyarakat, dan seterusnya kami juga akan membuat program-program sosial yang bermanfaat kepada masyarakat luas," katanya.

Irfan menyebutkan pendonor yang mendaftar mencapai 85 orang dari target 100. Namun, berdasarkan data final dari pihak PMI tercatat pendonor darah biasa sebanyak 59 kantong darah, sedangkan pendonor plasma konvalesen sebanyak 10 orang.

"Untuk pendonor plasma konvalesen, mereka mendaftar di DPW Nasdem Aceh, selanjutnya mereka ke PMI untuk diambil sampel darah yang akan dikirim ke Jakarta untuk discreening, apakah layak untuk mendonor atau tidak," ujarnya.

Saat ini, lanjut Irfan, solidaritas tinggi sangat diperlukan masyarakat untuk melakukan donor plasma. Karena itu pihaknya mengajak semua pihak bersama dan bersatu melawan pandemi ini.

"Karena pandemi ini tidak bisa kita lawan sendiri-sendiri, insyaallah kalau kita bersatu pandemi ini akan berakhir dan perekonomian masyarakat juga akan kembali normal," kata Irfan.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id