Pemkab Batang Dorong Pemberdayaan UMKM di Objek Wisata

    Antara - 04 November 2020 18:45 WIB
    Pemkab Batang Dorong Pemberdayaan UMKM di Objek Wisata
    UMKM. Foto : MI/Adam.
    Batang: Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terus mendorong pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat memanfaatkan peluang usaha di sekitar lokasi objek wisata.

    Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa, mengatakan pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, UKM untuk memberikan pelatihan pada pelaku UMKM kreatif di masing-masing sekitar objek wisata.

    "Adapun langkah-langkah untuk menggerakan pelaku UMKM kreatif di sekitar objek wisata, kami bekerja sama Disperindagkop melakukan pelatihan seperti bidang kuliner dan souvenir pada mereka. Yang jelas, kita akan terus memberdayakan kemampuan para pelaku UMKM di sekitar objek wisata," kata Wahyu di Batang, Rabu, 4 November 2020.

    Baca: Angka Kesembuhan Covid-19 Sulsel Capai 90%

    Wahyu menjelaskan prospek pengembangan usaha di objek wisata masih bergantung pada tingkat kedatangan para pengunjung di masing-masing objek wisata. Jika objek wisata tersebut sudah maju dan diminati masyarakat, secara otomatis masyarakat akan ramai.

    "Namun apabila belum dikenal (objek wisata) maka pengunjung tidak begitu ramai sehingga hal itu akan berpengaruh terhadap pengembangan kondisi UMKM lokal," jelasnya.

    Menurut dia sejumlah objek wisata yang sudah menyediakan produk-produk UMKM antara lain Agrowisata Pagilaran di Kecamatan Blado, Pantai Jodo, dan objek wisata alam Sikembang.

    Adapun untuk mengupayakan kemajuan pengembangan UMKM dan objek wisata, pihaknya juga mengajak biro perjalanan dan sekolah tinggi pariwisata membuat paket wisata.

    "Kita bersama biro perjalanan wisata Mitra Kartika mengemas paket wisata tertentu dan bekerja sama dengan pengelola objek wisata yang lokasinya dapat dilalui bus. Melalui kerja sama ini, tentunya bertujuan untuk memajukan objek wisata sekaligus mengenalkan produk UMKM pada wisatawan," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id