100 Orang Reaktif Usai Tes Cepat di Tempat Wisata

    Antara - 30 Oktober 2020 23:32 WIB
    100 Orang Reaktif Usai Tes Cepat di Tempat Wisata
    Ilustrasi. (Foto: ANTARA)
    Bandung: Sebanyak 100 orang dinyatakan reaktif covid-19 usai tes cepat acak di 54 titik objek wisata se-Jawa Barat, pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. 

    "Tadi sudah rapat dengan (Menko Kemaritiman dan Investasi) Pak Luhut (Panjaitan), intinya antisipasi lonjakan kasus (covid-19). Makanya kita ada rapid test ada 100 orang reaktif, langsung diswab tapi belum keluar hasilnya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Kang Emil sebelumnya memaparkan sejumlah langkah cepat Pemprov Jabar dalam mencegah penyebaran covid-19 saat libur panjang. Salah satunya pengetesan covid-19 di sejumlah destinasi wisata dan pintu masuk Jabar.

    "Pemeriksaan tes masif pun kami lakukan di 54 titik. Pengetesan dilakukan secara acak melalui metode rapid test. Apabila ada yang reaktif, akan berlanjut dengan swab test," kata dia.

    Baca juga: Helikopter Water Bombing Ditarik dari Riau

    Selain pengetesan covid-19 pihaknya juga terus memaksimalkan pembatasan kapasitas objek wisata. Menurut dia hal itu penting dilakukan karena kerumunan berpotensi besar menjadi media penularan virus korona.

    "Jadi pembatasan di destinasi wisata terus dilakukan dan jangan dipaksa penuh 100 persen karena kalau ada kerumunan terlalu padat, ada potensi bahaya," imbuhnya.

    Ia menegaskan pemerintah tidak melarang warga luar Jabar berkunjung untuk berwisata pada libur panjang, asalkan disiplin menerapkan protokol 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

    "Itu bukan larangan kalau bisa kurangi bepergian. Kalau bepergian disiplin 3M. Pokoknya, mau apa saja hidup ini sekarang harus disiplin 3M," tegas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id