Satgas Covid-19 Balikpapan Lakukan Penelusuran Hingga Tingkat RT

    Antara - 19 Februari 2021 08:31 WIB
    Satgas Covid-19 Balikpapan Lakukan Penelusuran Hingga Tingkat RT
    Kadinkes Balikpapan, Andi Sri Juliarty, sedang mendapatkan vaksinasi covid-19. FOTO ANTARA/Novi Abdi



    Balikpapan: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menyiapkan tim untuk melakukan penelusuran (tracing) hingga di lingkup rukun tetangga (RT). Hal tersebut dilakukan guna mengetahui warga yang positif terpapar covid-19.

    "Kami akan telusuri  warga yang positif tersebut bertemu, berinteraksi dengan siapa saja dalam sepekan terakhir," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan, Andi Sri Juliarty, di Balikpapan, Jumat, 19 Februari 2021.






    Baca: Kota Madiun Tambah Posko PPKM Skala Mikro

    Dia menjelaskan penelusuran tersebut paling sedikit 15 orang dan paling banyak 30 orang di mana keluarga, rekan kerja, menjadi prioritas untuk ditelusuri.

    Kemudian dari kebiasaan dan gaya hidup yang bersangkutan ditentukan siapa saja yang mungkin ditemui dan bertemu, atau berinterasksi dengan yang sakit, termasuk tetangga.

    Andi mengatakan penelusuran itu bagian dari prosedur yang ditetapkan sebagai tindakan yang harus diambil bila menemui pasien positif covid-19 di lingkungan yang menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro yang tengah dikerjakan.

    PPKM Skala Mikro mengharuskan masing-masing RT membentuk tim satuan tugas untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan, termasuk mengawasi warga yang harus menjalani karantina.

    Tim bukan hanya melakukan penelusuran (tracing) namun juga melakukan testing (pemeriksaan-pengujian-diagnosis, maupun perawatan atau 3T).

    "Tracing adalah satu upaya dalam 3T demi memutus rantai penularan covid-19, dan juga meningkatkan peluang pasien sembuh dengan melakukan penanganan yang cepat dan benar," ungkap Andi.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id