Stok BBM di DIY Aman Saat Libur Panjang

    Ahmad Mustaqim - 23 Oktober 2020 17:17 WIB
    Stok BBM di DIY Aman Saat Libur Panjang
    Ilustrasi SPBU Pertamina. DOK. MI
    Yogyakarta: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah menyatakan stok bahan bakar minyak (BBM) untuk libur panjang akhir Oktober 2020 aman. Segala hal telah diantisipasi untuk menjaga stok kebutuhan masyarakat, baik BBM maupun elpiji.

    "Saat ini kondisi stok di seluruh Fuel Terminal dalam keadaan aman," ungkap Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, Marthia Mulia Asri, lewat keterangan pers, Jumat , 23 Oktober 2020.

    Dia menerangkan, penyaluran harian BBM di provinsi DI Yogyakarta untuk Gasoline yaitu 1.569 KL dan Gasoil 355 KL. Sedangkan penyaluran harian LPG di DI Yogyakarta berada di angka 446 Metric Ton (MT) per harinya.

    Marthia menjelaskan, angka konsumsi harian gasoline beranjak naik senjak pemberlakukan  normal baru. Ia mengatakan peningkatan sekitar tiga persen ketimbang bulan lalu.

    Jenis BBM yang dikonsumsi, ujarnya, mayoritas pertalite (63 persen) dan Pertamax (27 persen). Sementara, konsumsi elpiji relatif stabil.

    Baca: Pertamina Tambah Pasokan LPG Subsidi 19.040 Tabung di OKI

    "BBM dan elpiji di wilayah Pertamina MOR IV didukung oleh tujuh Fuel Terminal yang berada di wilayah Rewulu, Semarang, Cilacap, Boyolali, Maos, Tegal dan Lomanis," terangnya.

    Khusus kebutuhan elpiji, Marthia menambahkan, Pertamina akan terus memantau kebutuhan masyarakat. Menurut dia, selama cuti bersama dan libur akhir Oktober, diperkirakan aktivitas konsumen meningkat.

    "Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG kami saat ini dalam kondisi aman. Apabila di beberapa hari ke depan dibutuhkan penambahan secara fakultatif, kami siap," terangnya.

    Masyarakat dengan berkemampuan ekonomi menengah ke atas diimbau tetap menggunakan elpiji non subsidi, yakni varian bright gas. Elpiji tiga kilogram bersubsidi hanya diperuntukkan bagi  warga tidak mampu.

    Dia menerangkan, Pertamina di wilayah DI Yogyakarta melayani penyaluran BBM melalui 114 SPBU Reguler serta LPG melalui 62 Agen, 5.523 pangkalan LPG PSO dan 980 outlet LPG Non PSO.

    "Kami juga terus mengimbau kepada konsumen untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Kami sejak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan covid-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG, termasuk SPBU, agar aktivitas berjalan baik," ucapnya. 

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id