comscore

Pelaku Aksi Koboi di Kota Batu Residivis, Pernah Tembak Polisi

Daviq Umar Al Faruq - 15 Januari 2022 16:03 WIB
Pelaku Aksi Koboi di Kota Batu Residivis, Pernah Tembak Polisi
Pelaku aksi koboi di Kota Batu, Jawa Timur, saat konferensi pers di Polres Batu, Jumat 14 Januari 2022. (Medcom.id/Daviw Umar)
Batu: Pengendara motor yang melakukan aksi koboi dengan mengacungkan pistol di kawasan Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, ditangkap pada Kamis, 13 Januari 2022. Sosok pria itu berinisial MS, 49, warga Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang merupakan residivis.

"Pelaku ini merupakan residivis yang pada tahun 1998 telah melakukan penembakan terhadap anggota Polri di Kota Malang dan telah dihukum 7 tahun penjara di Lapas Lowokwaru Malang, keluar tahun 2005," kata Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, Sabtu, 15 Januari 2022.
Dia menuturkan, nggota polisi korban penembakan pelaku diketahui masih hidup. Berdasarkan pengakuan pelaku, peristiwa itu disebabkan oleh perselisihan.

"Kejadian yang lama 1998 pelaku bukan dalam kapasitas melakukan tindak pidana, tetapi hanya perselisihan dalam kasus yang dihadapi pelaku adalah penganiayaan terhadap anggota Polri," jelasnya.

Sedangkan kejadian di Kota Batu kali ini, kata dia, pelaku merasa tersinggung lantaran baru saja diserempet oleh pengendara motor lainnya. Sehingga pelaku mengacungkan senjata api ke udara.

Baca: Rektor UIN Sunan Kalijaga Minta Proses Hukum Penendang Sajen Disetop

"Pelaku beralasan mengacungkan senjata hanya ingin meluapkan kekesalannya dan menunjukkan bahwa yang bersangkutan punya senjata dan jangan diserempet lagi. Menunjukkan superioritas nya, bersifat arogan," ungkapnya.

Polisi masih mengembangkan kasus ini. Termasuk mencari penjual senjata yang digunakan pelaku. Berdasarkan keterangan pelaku, ia membeli senjata dari seseorang yang tidak dikena lewat media sosial. Senjata dibeli dengan sistem COD (Cash on Delivery) seharga Rp1,5 juta.

"Kami masih mengembangkan kasus ini terhadap pihak-pihak yang mungkin berkolerasi dengan kepemilikan senjata api ini. Pelaku bertemu dengan penjual di area Jawa Timur, tapi di luar Batu. Kami gali terus. Semoga kita juga bisa mengembangkan kepada penjual senjata tersebut," bebernya.

Sebelumnya, video yang menunjukkan seorang pengendara sepeda motor mengacungkan pistol viral di media sosial. Peristiwa itu tertangkap kamera pengawas Kantor Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam video berdurasi 9 detik tersebut terlihat seorang pria mengenakan helm hitam berdiri di samping sepeda motor di pinggir jalan. Tiba-tiba sosok pria itu mengeluarkan benda yang diduga merupakan sebuah pistol dan mengarahkannya ke seberang jalan.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id