comscore

Batik Depok Siap Rambah Pasar Luar Negeri

Antara - 24 Februari 2022 09:13 WIB
Batik Depok Siap Rambah Pasar Luar Negeri
Pekerja membuat kain batik khas Kota Depok dengan teknis tulis di Batik Tradjumas, Pengasinan, Depok, Jawa Barat, Minggu, 28 November 2021. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Depok: Pemilik Sentra Batik Tradjumas Depok di Jawa Barat, Achbarim, siap untuk menjajaki pasar luar negeri. Pemasaran ke luar negeri tersebut akan mengandalkan media sosial sebagai promosi.

"Saat ini memang penjualannya masih skala dalam negeri, ke depan kami usahakan agar bisa merambah ke luar negeri, karena dengan menggunakan media sosial pasarnya tidak terbatas di dalam negeri saja," kata Achbarim di Depok, Kamis, 24 Februari 2022.
Baca: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Kota Depok saat ini memiliki sentra industri batik bernama Tradjumas yang terletak di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), Jalan Cendrawasih 7 Blok C3 Nomor 72, Kecamatan Sawangan. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2015 tersebut, bisa menjual hingga 600 batik tiap bulannya.

"Dalam satu hari bisa 10 sampai 20 batik terjual," jelasnya

Dia mengatakan saat ini terdapat sembilan motif batik yang dibuat di sentra miliknya. Di antaranya motif Gong Si Bolong, Tugu Batu Sawangan, Buah Belimbing dan Gedung Tua yang berada di Depok I.

"Dari 21 motif yang ada di Kota Depok, kami baru membuat sembilan, mungkin ke depannya akan dibuat semuanya," ungkapnya

Dalam memasarkan produknya, Achbarim menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Produknya juga bisa dibeli secara offline di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok di area Balai Kota maupun datang langsung ke sentra batik tersebut.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto, merasa bangga karena Kota Depok memiliki sentra industri batik.

"Ini menjadi kebanggaan tersendiri, ternyata di Depok ada warga yang bisa memproduksi batik khas yang menggambarkan ciri dan sejarah Kota Depok," kata Manto.

Pemerintah Kota (Pemkot) siap mendukung perkembangan sentra industri tersebut dengan memberikan motivasi kepada para pelaku usahanya. Termasuk, memfasilitasi pemasaran serta bimbingan mengenai cara menjual produknya secara online.

Manto menambahkan sentra batik tersebut sebelumnya juga sudah diperkenalkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida di salah satu stasiun TV Nasional.

"Hal ini sesuai dengan visi misi Kota Depok serta janji Wali dan Wakil Wali Kota bahwa Pemkot Depok siap membantu para pelaku UMKM," ungkap Manto.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id