comscore

Praktisi Kesehatan Untad: Berkat Jokowi Indonesia Terdepan Pemulihan Covid-19 se-Asean

Deny Irwanto - 30 Desember 2021 19:48 WIB
Praktisi Kesehatan Untad: Berkat Jokowi Indonesia Terdepan Pemulihan Covid-19 se-Asean
Direktur Rumah Sakit Universitas Tadulako (Untad), Ketut Suarayasa,saat memberikan penjelasan dalam sebuah diskusi. Dokumentasi/ istimewa
Palu: Presiden Joko Widodo membawa Indonesia menjadi peringkat teratas sebagai negara dengan indeks pemulihan covid-19 tertinggi se-Asia Tenggara versi Nikkei Asia. Direktur Rumah Sakit Universitas Tadulako (Untad), Ketut Suarayasa, mengatakan keberhasilan tersebut tak lepas dari kebijakan yang diambil Jokowi.

"Karena ikut terlibat langsung di dalam kegiatan penanggulangan pandemi termasuk vaksinasi. Jadi saya melihat kebijakan ini (Jokowi) secara makro logikanya sudah cukup terstruktur, sistematis, dan masif. Itu sudah berjalan. Artinya secara makro saya melihat kebijakan ini sudah cukup baik," kata Ketut di Palu, Kamis, 30 Desember 2021.
Baca: Keren! Pemulihan Covid-19 Indonesia Peringkat Pertama di ASEAN

Ketut menilai salah satu faktor kesuksesan Jokowi yaitu berhasil mengikuti arahan dari World Health Organization (WHO) soal penanganan pandemi covid-19. Menurutnya hal tersebut yang membuat angka pemulihan covid-19 di Indonesia menjadi yang tertinggi se-Asean.

"WHO sebagai organisasi kesehatan dunia sudah punya strategi dan saran untuk negara-negara dalam penanggulangan covid-19. Sekarang tergantung tiap negara, mengikuti enggak disiplin anjuran itu," jelas Ketut.

Ketut kembali mengatakan tidak mudah untuk pemerintah mengikuti setiap anjuran yang dikeluarkan oleh WHO landatan harus ada biaya yang tidak sedikit untuk penanganan covid-19. Salah satunya Ketut menyoroti soal kebijakan vaksin.

"Saya kira Jokowi luar biasanya adalah dia berani mengambil keputusan dengan cepat untuk melakukan vaksinasi. Tentu dengan satu masalah, yaitu aspek ekonomi harus dikorbankan," ungkap Ketut.

Menurut Ketut Jokowi sudah mengambil kebijakan yang sangat tepat. Dengan digenjotnya vaksin ke setiap penjuru daerah, angka kesembuhan covid-19 di Indonesia melambung tinggi.

"Pak Jokowi lebih memprioritaskan kesehatan. Dalam hal ini terbukti bahwa strategi beliau yang dulu awalnya dalam tanda petik diragukan, kini konsep beliau terbukti manjur. Berani untuk mengambil keputusan dengan segera melakukan vaksinasi," ujar Ketut.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id