Sekolah di Sumsel Belum Terganggu Wabah Korona

    Gonti Hadi Wibowo - 16 Maret 2020 19:07 WIB
    Sekolah di Sumsel Belum Terganggu Wabah Korona
    Suasana rapat pencegahan covid 19 bersama Gubernur Sumsel dan jajaran Forkopimda Sumsel di ruang rapat Bina Praja, Senin, 16 Maret 2020. Gonti Hadi Wibowo/Medcom.id
    Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan belum akan meliburkan sekolah-sekolah di Sumsel terkait penyebaran virus korona covid-19. Pasalnya hingga saat ini Sumsel masih kategori aman dan belum ada satu pasien yang positif virus korona.

    "Kegiatan belajar mengajar belum akan diliburkan karena kasus korona di Sumsel belum ada," kata Ketua Satgas covid-19 Sumsel, Nasrun Umar, saat dikonfirmasi, Senin, 16 Maret 2020.

    Nasrun mengatakan di Sumsel tercatat ada 76 orang dalam pemantauan dan 66 di antaranya dinyatakan sehat. Dari jumlah tersebut, 10 orang di antaranya masih dilakukan observasi hingga 14 hari kedepan.

    "Kita mencatat ada tiga orang dalam pengawasan. Namun setelah dilakukan pemeriksaan ke Litbang Kemenkes, ketiganya dinyatakan negatif virus korona," jelas Nasrun.

    Guna menghindari penyebaran virus korona, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumsel tidak perlu melakukan absen fingerprint, membatasi perjalanan dinas terutama di daerah terjangkit, dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu.

    "Keputusan ini akan direvisi sesuai dengan Kepres tentang percepatan pencegahan virus korona. Kepala daerah di tingkat Kabupaten/Kota juga menetapkan status sesuai dengan existing wilayah mereka," ungkap Nasrun.

    Sementara Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan meski Sumsel belum ada pasien yang terdeteksi positif virus korona bukan berarti mengurangi kewaspadaan terhadap wabah virus tersebut. 

    Pihaknya meminta kepada masyarakat Sumsel untuk lebih baik mencegah virus korona dengan menerapkan pola Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 

    "Saya mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak lalai meski di Sumsel belum ada yang positif korona. Kita sikapi wabah ini sebagai ujian dan meningkatkan kewaspadaan," kata Herman.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id