Temanggung Bertekad Wujudkan Daerah Bebas Sampah Plastik

    Antara - 24 Juni 2020 14:54 WIB
    Temanggung Bertekad Wujudkan Daerah Bebas Sampah Plastik
    ilustrasi Medcom.id
    Temanggung: Pemerintah Kabupaten Temanggung bertekad mewujudkan daerah bebas sampah plastik agar lingkungan menjadi bersih, tertata, dan lestari. Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut hari ini pihaknya mengukuhkan 88 orang sebagai fasilitator persampahan kecamatan.

    "Mereka nanti kita tugaskan di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi fasilitator dan dinamisator program-program penanganan sampah di seluruh Kabupaten Temanggung," kata Khadziq di Temanggung, Rabu, 24 Juni 2020.

    Baca: Infrastruktur KRL Yogyakarta-Solo Siap Beroperasi Akhir 2020

    Para fasilitator tersebut akan membentuk fasilitator persampahan tingkat desa kemudian akan mengedukasi warga di semua desa tentang manajemen persampahan yang lebih tertata di Kabupaten Temanggung.

    Mereka akan melatih masyarakat memilah sampah sejak dari rumah kemudian mengelola sampah sesuai dengan kriterianya masing-masing dan kemudian akan menggerakkan sistem persampahan di seluruh Kabupaten Temanggung.

    "Mekanismenya nanti sejak paling bawah kita ada fasilitator tingkat desa yang akan mengedukasi warga dari rumah ke rumah per dasa wisma yang mengedukasi warga agar setiap individu bisa memilah sampah sejak dari rumah masing-masing," jelasnya.

    Untuk sampah organik dikembalikan ke alam menjadi kompos dan sampah anorganik yang bisa didaur ulang nanti masyarakat bisa mengelola sampah daur ulang dan membuat kelembagaannya, membuat bank sampah dan menjual sampah menjadi bernilai ekonomi.

    Ia berharap nantinya sampah yang dibuang ke TPA hanya sampah-sampah residu, betul-betul sampah yang tidak bisa digunakan, tidak bisa diolah kembali.

    "Kemudian sampah residu yang tidak bisa dikembalikan ke alam dan tidak bisa diolah lagi kita ajari masyarakat untuk mengelolanya dengan baik dengan membuang ke tempat sampah desa. Setelah nanti masuk ke tempat sampah desa tugas Dinas Lingkungan Hidup adalah mengambilnya semua dibawa ke tempat pembuangan sampah akhir," ujarnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id