Banjir, 1.965 Jiwa di Konawe Utara Mengungsi

    Antara - 22 Juni 2020 11:35 WIB
    Banjir, 1.965 Jiwa di Konawe Utara Mengungsi
    Warga terjebak banjir di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. ANTARA FOTO/JOJON
    Kendari: Sebanyak 1.105 kepala keluarga terdiri dari 1.965 jiwa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mengungsi. Mereka mengungsi, lantaran banjir yang menerjang akibat hujan intensitas tinggi beberapa hari terakhir. 

    "Jumlah warga yang mengungsi berasal dari 17 desa dan satu kelurahan yang tersebar di enam kecamatan," ujar Kabag Humas Pemkab Konawe Utara, Aminuddin, Senin, 22 Juni 2020, melansir Antara. 

    Dia mengungkap, 17 desa itu adalah Puusuli, Puuwonua, Laronaga, Andowia, di Kecamatan Andowia; Ponda, di Kecamatan Wiwirano; Polora Indah, di Kecamatan Langgikima; Tambakua dan Landiwo, di Kecamatan Landawe; Sambadete, di Kecamatan Oheo; dan Puuwanggudu, Ala Wanggudu, Wanggudu Raya dan Longeo, di Kecamatan Asera.

    "Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Konawe Utara dalam beberapa hari ini mengakibatkan beberapa sungai meluap yaitu Sungai Lalindu, Paralaguene, Lasulu, Langgumate dan Kuratao," terangnya.

    Baca: Kabupaten Konawe Utara Kembali Dilanda Banjir

    Dia menjelaskan warga terdampak telah diberikan bantuan berupa tikar dan bahan makanan. Selain itu, warga pun telah diungsikan ke hunian sementara.

    "Bantuan sembako, diberikan ke warga beberapa desa di Kecamatan Andowia dan Asera. Untuk Kecamatan Oheo dan Langgikima mudah-mudahan Senin ini bisa tembus karena ada jalur yang terputus," jelasnya.

    Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir menyusul banjir yang melanda beberapa bagian wilayahnya pada Kamis , 18 Juni 2020. Status tanggap darurat bencana banjir itu berlangsung selama 14 hari, mulai 17 Juni - 30 Juni 2020.

    Status tanggap darurat bencana banjir diberlakukan di enam wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Andowia, Kecamatan Asera, Kecamatan Oheo, Kecamatan Langgikima, Kecamatan Landawe dan Kecamatan Wiwirano.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id