WN Tiongkok di Jabar Mayoritas Garap Proyek Kereta Cepat

    P Aditya Prakasa - 03 Februari 2020 14:22 WIB
    WN Tiongkok di Jabar Mayoritas Garap Proyek Kereta Cepat
    Kedatangan WNI dari Tiongkok di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh. (Foto: ANTARA/Ampelsa)
    Bandung: Kantor Imigrasi Bandung, Jawa Barat, mencatat ratusan warga negara asing (WNA) asal Tiongkok di Kota Kembang tak hanya datang untuk berkunjung. Beberapa dari mereka bekerja menggarap proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

    Kepala Seksi Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Bandung Gieta Rahayu Imandari mengataka  ada 347 warga Tiongkok memiliki izin kunjungan. Sementara tak banyak yang memiliki izin untuk menetap.

    "Pemegang izin kunjungan WNA Tiongkok sampai 3 Februari ada 347 orang. Pemegang Kitas (Kartu Izin Tinggal Sementara) per bulan ada 78 dan pemegang izin tinggal tetap ada dua orang," kata Gieta, Senin, 3 Februari 2020.

    Dia mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait antisipasi virus korona. Setiap WN Tiongkok akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

    "Kebanyakan WNA ini bekerja di proyek KCIC," sambung dia.

    Guna mencegah penyebaran virus, pihaknya juga mengimbau para petugas untuk mawas diri. Selain juga diberikan fasilitas penunjang.

    "Antisipasi ke anggota kita yang berhubungan langsung dengan wisatawan asing. Kalau standarnya, petugas diminta untuk menjaga kesehatan, mencuci tangan, dan menggunakan masker," ucap dia.

    Kendati pemerintah telah menutup penerbangan langsung ke Tiongkok, Kantor Imigrasi Bandung mengaku belum mendapatkan surat resmi terkait hal tersebut.

    "Surat tertulis belum ada, tapi pak Jokowi sudah menyampaikan secara lisan di media tentang pemberian fasilitas lagi. Tapi larangan masuknya belum ada secara tertulis," pungkasnya.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id