Polda Jatim Tindak 54 Kendaraan Pemudik Tanpa Izin Trayek

    Amaluddin - 14 Mei 2020 19:38 WIB
    Polda Jatim Tindak 54 Kendaraan Pemudik Tanpa Izin Trayek
    Sejumlah kendaraan hendak mudik diminta putar balik. Medcom.id.
    Surabaya: Polda Jawa Timur menindak puluhan kendaraan travel dan bus yang hendak masuk ke Jatim. Kendaraan itu berupaya mengelabui petugas dengan dalih perjalanan mudik antar daerah di Jatim.

    "Ada 54 kendaraan yang tidak ada izin trayek, kami juga sudah melakukan telegram ke jajaran (wilayah Polda Jatim) tanggal 11 Mei, untuk melakukan penindakan kendaraan bermotor dengan bermodus kendaraan pribadi, travel umum," kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Budi Indra Dermawan, di Surabaya, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut Budi, puluhan kendaraan ini memiliki tujuan bervariasi, ada yang antar kabupaten atau kota di Jatim, ada pula yang hendak keluar Jatim. Misalnya, dari Jember menuju Madura, dari Jatim menuju Jateng, dan sebaliknya. 

    "Jadi antar daerah di dalam provinsi atau yang di luar provinsi. Bervariasi, kami lihat ini menggunakan kendaraan yang tanpa izin," ujarnya.

    Penindakan tersebut, lanjut Budi, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub), terkait larangan perjalanan mudik masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Juga sesuai dengan pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang siap menindak siapapun yang tak mematuhi aturan.

    Kata Budi, ada beberapa penindakan akan diberlakukan bagi masyarakat yang melanggar aturan. Misalnya menyita kendaraan, surat-surat pada kendaraan tersebut, dan lainnya. Operasi ini akan digelar hingga 31 Mei 2020, dan diharapkan bisa memberikan efek jera bagi yang lain. 

    "Yang jelas, kami komitmen dengan Dishub Jatim jika mudik itu dilarang. Ini kami lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kami harap masyarakat tetap tinggal di rumah," kata Budi.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id