RUU Ciptaker Bisa Redam Dampak Covid-19 ke UMKM

    Medcom - 13 Mei 2020 20:00 WIB
    RUU Ciptaker Bisa Redam Dampak Covid-19 ke UMKM
    Ilustrasi UMKM. FOTO: dok MI.
    Yogyakarta: Para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) paling merasakan dampak secara ekonomi imbas pendemi covid-19 (korona). UMKM terancam gulung tikar dan tidak bisa membuka usahanya kembalil pascapandemi berakhir. 

    Peneliti Akuntansi Forensik LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Bambang Arianto, mendorong pemerintah segera meluncurkan insentif peredam dampak ekonomi covid-19. Salah satunya dengan mempercepat pembahasan Rancangan Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker).

    “Sebab salah satu tujuan dari RUU Cipta Kerja adalah untuk menyelamatkan UMKM di Indonesia. Nah, apabila terus molor pembahasanya maka akan berdampak buruk pada UMKM," kata Bambang Arianto dalam keterangannya, Rabu, 13 Mei 2020. 

    Pembahasan UMKM harus menjadi prioritas dalam pembahasan RUU Ciptaker. Sektor UMKM paling banyak menyerap tenaga kerja dibandingkan sektor usaha lainnya. Dengan begitu, lapangan kerja kembali tercipta yang banyak terdampak selama pandemi ini.

    Menurut dia, pemerintah dan DPR harus mendengarkan nasib UMKM. UMKM berbeda dengan rekan para buruh. Para pelaku usaha UMKM tidak memiliki serikat untuk menyalurkan aspirasinya. RUU Ciptaker sangat membantu UMKM karena menyediakan kemudahan perizinan.

    “Hal itu berbeda dengan selama ini yang buat mengurus izin saja minta ampun susah dan lamanya. Karena prinsip UMKM itu kan biasanya jalan dulu baru kemudian mengurus perizinan. Akibat dari perizinan yang tumpang tindih seringkali membuat ruang gerak UMKM sulit bergerak," jelasnya.

    Selanjutnya, masalah permodalan pun penting. Selama ini banyak UMKM kesulitan mendapatkan modal tanpa agunan. Masih banyak ditemukan Perda yang belum memiliki kelonggaran permodalan bagi UMKM. 

    "RUU Cipta Kerja menjadi solusi terbaik. Apalagi akan memangkas beberapa pasal karet yang selama ini menjadi parasit bagi UMKM. Jadi saya optimis sekali RUU Cipta Kerja akan bisa menyelamatkan UMKM ke depan bahkan UMKM segera naik kelas," kata Bambang. 



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id