Pemprov Jatim Kaji Usia 45 Boleh Kerja Selama Pandemi

    Amaluddin - 13 Mei 2020 01:17 WIB
    Pemprov Jatim Kaji Usia 45 Boleh Kerja Selama Pandemi
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur masih mengkaji agar kelompok muda usia di bawah 45 tahun bisa tetap bekerja di tengah pandemi covid-19. Kajian ini menindaklanjuti pernyataan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, yang memperbolehkan warga pada rentang usia untuk bekerja.

    "Kajian matamg itu diperlukan agar kebijakan yang diambil, tetap memberikan dampak signifikan dalam upaya menekan penyebaran covid-19. Makanya kami saat ini masih mengkaji persisnya bagaimana instruksi ini," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa malam, 12 Mei 2020.

    Baca: Kemenkes Setujui PSBB Kota Palembang dan Prabumulih

    Sebelumnya Doni Monardo mengatakan warga pada rentang usia tersebut memang dibolehkan untuk bekerja, tetapi terbatas pada 11 bidang usaha. Sektor yang dimaksud yakni kesehatan, bahan pangan atau makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri, pelayanan dasar pada obyek vital, serta kebutuhan sehari-hari.

    Emil menegaskan selama menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya, kesebelas bidang usaha tersebut memang tetap beroperasi. Meskipun dia mengakui belum adanya batasan, hanya yang berumur 45 tahun ke bawah yang boleh bekerja.

    Dalam Pergub Jatim terkait PSBB, kata Emil, pimpinan di tempat kerja diharuskan memberikan perhatian terhadap beberapa pekerja. Yakni, pekerja yang mempunyai penyakit bawaan, ibu hamil, dan karyawan yang berusia di bawah 60 tahun.

    "Di Pergub Itu disebutkan pimpinan di tempat kerja harus memberikan perhatian khusus kepada pekerja yang memiliki potensi sakit bawaan yang bisa menjadi komorbid ketika terkena virus Covid-19. Kemudian ibu hamil, dan ketiga mereka yang berusia di atas 60 tahun," pungkas Emil.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id