Jatim Raup Rp5,7 Triliun dari Pajak Kendaraan Bermotor

    Amaluddin - 15 November 2019 19:58 WIB
    Jatim Raup Rp5,7 Triliun dari Pajak Kendaraan Bermotor
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Surabaya: Pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Jawa Timur mencapai Rp5,7 triliun per November 2019. Angka itu sudah mencapai 90,75 persen dari target Rp6,3 triliun hingga 14 Desember.

    "Saya prediksi angka itu bakal mencapai Rp6,6 triliun atau 105,50 persen hingga akhir tahun ini," kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda), Jatim Boedi Prijo Soeprajitno saat dikonfirmasi, Jumat, 15 November 2019.

    Selain PKB, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) menghimpun pendapatan Rp3,5 triliun atau mencapai 94,32 persen, dari Rp3,7 triliun. Angka itu juga diprediksi bakal meningkat Rp4 triliun hingga 31 Desember 2019.

    Boedi mengatakan bahwa kebijakan pembebasan pajak merupakan salah satu cara pemerintah, untuk mencapai target pajak bagi penunggak pajak kendaraan. Dia yakin cara bebas denda pajak bisa mendongkrak pajak yang terhutang, atau belum dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor.

    Kebijakan ini mulai dibuka sejak tanggal 23 September 2019 hingga 14 Desember 2019. Selama pemutihan ini, Pemprov Jatim membuka 16.900 gerai di Indomaret di seluruh Indonesia.

    Tak hanya itu, kata Boedi, pihaknya bersama polisi juga menyiapkan 87 unit mobil Samsat keliling. Nantinya mobil ini dengan model jemput bola ke masyarakat. "Dengan layanan ini, masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan bermotor," pungkas Boedi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id