Kota Batu Banjir Lumpur Pascahujan Deras

    Daviq Umar Al Faruq - 29 Januari 2020 18:27 WIB
    Kota Batu Banjir Lumpur Pascahujan Deras
    Sejumlah petugas menyingkirkan aliran lumpur yang menutup jalan raya. (Foto: Dok/BPBD Kota Batu)
    Batu: Hujan deras yang mengguyur Kota Batu, Jawa Timur, Rabu siang, 29 Januari 2020, menyebabkan banjir lumpur di dua titik. Salah satu kawasan terdampak aliran lumpur berada di Jalan Durian RT02 RW02, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu.

    "Hujan deras menyebabkan melubernya air di saluran irigasi dan menjebolkan penahan saluran. Akibatnya, air dan lumpur masuk ke rumah warga," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

    Achmad mengatakan akibat peristiwa ini dua rumah warga dibanjiri lumpur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

    "Personel kami tengah melakukan kaji cepat, pembuatan tanggul sementara, dan pembersihan lumpur yang masuk ke rumah warga," ungkapnya.

    Banjir lumpur juga melanda Jalan Arumdalu, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Hujan lebat menyebabkan beton penutup sungai di lokasi ini ambles.

    "Akibatnya menghambat aliran air sehingga air naik setinggi 30 sentimeter dan membawa material lumpur setinggi 10 sentimeter menutup Jalan Raya Arumdalu," imbuhnya.

    Selain menggenangi jalan raya, air dan lumpur pun juga sempat masuk ke Hotel Arumdalu. 

    "Kami telah melakukan penanganan darurat membuka sumbatan kali tengah Songgoriti dan pembersihan lumpur yang menutup jalan," jelasnya.

    Selain banjir lumpur, hujan deras di Kota juga menyebabkan tanah longsor di Jalan Raya Payung 3, Perbatasan Batu-Pujon, Kabupaten Malang. Tercatat dua titik dan material longsor hingga mengganggu pengguna jalan karena membuat jalan menjadi licin.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id