Ratusan Hewan Kurban di Sleman Terinfeksi Cacing Pita

    Patricia Vicka - 12 Agustus 2019 14:57 WIB
    Ratusan Hewan Kurban di Sleman Terinfeksi Cacing Pita
    Sapi kurban di Sleman, DIY. (MI/Agus Utantoro)
    Sleman: Ratusan hewan kurban di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terinfeksi cacing pita. Cacing pita ditemukan di bagian hati usai hewan disembelih saat Iduladha 2019.

    "Total 644 hewan kurban terinfeksi cacing pita. Data terakhir semalam, yang terjangkit cacing ada sapi 615 ekor, kambing 1 ekor dan domba 28 ekor. Kemungkinan masih bertambah karena masih ada pemotongan hari ini," ujar 
    Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman, Heru Saptono, di Kantor Bupati Sleman, Senin, 12 Agustus 2019. 

    Heru melanjutkan sebagian besar cacing ditemukan di hati hewan kurban dalam kondisi mati. Jumlah hewan kurban terinfeksi cacing tahun ini turun sepuluh persen ketimbang tahun lalu. Ia memperkirakan penurunan terjadi karena masifnya sosialisasi pemberian vaksin ke hewan kurban.

    "Kalau sudah divaksin 3-6 bulan sebelumnya cacing itu bakal mati. Sehingga tidak bertambah banyak dan menggerogoti hewan kurban," kata dia.

    Selain itu musim kemarau turut mempengaruhi perkembangbiakan bibit cacing. Heru menjelaskan kondisi rumput yang kering dan tidak berair membuat bibit cacing sulit berkembang biak.

    Ia mengimbau masyarakat untuk membuang potongan hati hewan kurban yang telah terinfeksi cacing sebanyak 60 persen. Tapi jika terinfeksi di bawah 30 persen masih aman dikonsumsi.

    "Sebelum dimasak, perlu direbus di air mendidih selama minimal 10 menit supaya kuman, virus dan cacingnya mati," tegasnya.

    Selain cacing, ditemukan pula tujuh sapi dan satu ekor domba terkena pneunomia atau radang paru-paru.

    Berdasarkan catatan Pemkab Sleman terdapat 6.854 ekor sapi, 1.732 ekor kambing dan 9.049 domba yang dipotong pada Minggu, 11 Agustus 2019 di 1.950 lokasi. Kegiatan penyembellihan kurban masih berlanjut hingga Selasa, 13 Agustus 2019.




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id