Lubang Sedalam 5 Meter Muncul di Lahan Petani Gunungkidul

    Ahmad Mustaqim - 06 Januari 2020 16:48 WIB
    Lubang Sedalam 5 Meter Muncul di Lahan Petani Gunungkidul
    Tanah ambles muncul di lahan pertanian warga Gunungkidul. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Gunungkidul: Sebuah lubang sedalam lima meter muncul di ladang pertanian warga di Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi itu terjadi karena hujan dalam intensitas tinggi pada pekan lalu. 

    "Warga gang mengetahui ada lubang di lahan pertanian itu hari Jumat (3 Januari 2020). Hujannya hari Jumat itu deras sekali," kata Kepala Dusun Karangawen, Yuono di Gunungkidul, Senin, 6 Januari 2020. 

    Tanah berlubang atau kerap disebut sinkhole itu berdiameter sekitar tiga meter. Menurut Yuono, lahan pertanian itu kepunyaan warga bernama Jumadi yang digarap Rajiman dan Rukiyem. 

    Adapun lahan pertanian yang berlubang itu berada di tengah tanaman padi yang berusia kurang dari dua minggu. Pemilik lahan tak memasang pagar atau pembatas di sekitar lubang itu. 

    "Di dekat lahan pertanian sini memang ada telaga. Cukup dekat dari sini," ujarnya. 

    Ia mengatakan, pernah muncul fenomena serupa pada 2018. Jaraknya sekitar 20 meter dari tanah berlubang saat ini. Ia menyebut fenomena ini menjadi yang kedua kali terjadi. 

    Di sisi lain, ada juga fenomena serupa tahun 2018 yang lokasinya berjarak 300 meter dari tempat tersebut. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah memasang peringatan kewaspadaan terkait kerawanan tanah ambles. 

    "Memang di sini dulunya ada luweng (goa vertikal) yang berada di dekat telaga itu. Tetapi sudah tertutup tanah, mungkin satu jalur ya," katanya. 

    Ia menambahkan, tanah berlubang yang lama sudah tertutup perlahan. Yuono mengatakan pemilik lahan telah menanami rumput gajahan. Ia juga mengatakan aktivitas warga tidak terganggu oleh fenomena itu. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id