100 Hektare Hutan Gunung Arjuna Terdampak Kebakaran - Medcom

    100 Hektare Hutan Gunung Arjuna Terdampak Kebakaran

    Daviq Umar Al Faruq - 02 Oktober 2019 11:52 WIB
    100 Hektare Hutan Gunung Arjuna Terdampak Kebakaran
    Kondisi kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuna, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu, 2 Oktober 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
    Batu: Hutan dan lahan di Gunung Arjuna, Kota Batu, Jawa Timur, yang terdampak kebakaran diperkirakan seluas 100 hektare. Jenis vegetasi yang terbakar yaitu cemara, manisrejo, dan semak belukar di lokasi Gunung Kembar Dua blok Lalijiwo Selatan.

    Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, mengatakan sebanyak 15 personel telah dikerahkan untuk memadamkan api di Gunung Arjuna, Selasa, 1 Oktober 2019. Hasilnya, seluruh titik api yang terpantau sudah dikondisikan.

    "Tinggal menyisakan kepulan asap dari sisa bara api yang sudah padam," katan Choirur saat dikonfirmasi, Rabu, 2 Oktober 2019.

    Choirur menjelaskan tim pemadaman sendiri sudah membuat sekat yang lebar untuk mengantisipasi jika terjadi rembetan dari sisa bara api. Tim dari Tahura R Soerjo juga masih bersiaga untuk melakukan pemantauan dari posko penanggulangan kebakaran Gunung Arjuna.

    "Kebakaran terjadi karena musim kemarau yang mengakibatkan hutan dan serasah sangat kering dan kemungkinan ada faktor kecerobohan manusia," jelas Choirur.

    Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuna sebelumnya dilaporkan pada Minggu 29 September 2019. Sedangkan titik api sendiri diketahui sudah muncul sejak Sabtu 28 September 2019 pukul 19.00 WIB.

    Lokasi titik api tepatnya berada di Blok Gunung Kembar Satu dan Gunung Kembar Dua. Kawasan yang mengalami kerusakan akibat kebakaran yakni Kawasan Hutan Konservasi.

    Sejumlah personil gabungan diterjunkan untuk melakukan upaya pemadaman. Mulai dari Tahura R Soerjo, BPBD Kota Batu, Polres Batu, Koramil Bumiaji, Polsek Bumiaji, Tagana, Paguyuban Arjuno-Welirang dan Relawan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id