Pembakar Lahan di Sumsel Bakal Ditembak di Tempat

    Antara - 15 Agustus 2019 14:01 WIB
    Pembakar Lahan di Sumsel Bakal Ditembak di Tempat
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Palembang: Personel Satuan Tugas Gabungan Siaga Darurat Bencana Asap Sumatera Selatan berupaya memburu pembakar lahan yang berpotensi menimbulkan bencana kabut asap di Sumsel. Para petugas gabungan diperintahkan menindak tegas pembakar lahan yang sengaja membakar untuk membuka lahan.

    "Siapa pun yang tertangkap tangan melakukan pembakaran lahan secara sengaja diperintahkan kepada petugas yang patroli untuk melakukan tindakan tegas dan bila perlu ditembak di tempat," ujar Komandan Satuan Tugas Gabungan Siaga Darurat Bencana Asap Sumsel Kolonel Arh Sonny Septiono di Palembang, Kamis, 15 Agustus 2019

    Dia menuturkan personel satgas Gabungan Siaga Darurat Bencana Asap telah berada di tengah masyarakat. Dia menekankan upaya pengendalian karhutla karena ulah manusia perlu ditindak tegas. 

    Dia memastikan bila masyarakat tidak bisa dibina untuk mengubah kebiasaan membuka lahan dengan dibakar. Maka anggota di lapangan diminta tidak segan menindak.

    Tindakan pembinaan dan penegakan hukum dilaksanakan sejak April 2019. Terbukti, kata dia, karhutla di Sumsel bisa dikendalikan dan luasan lahan yang terbakar minim ketimbang tahun sebelumnya.

    "Luas lahan terbakar di provinsi ini mencapai 572 hektare yang tersebar di lima kabupaten, yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pali, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin," ujar Sonny.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id