150 Korban Banjir Lebak Dievakuasi dari Hutan

    Antara - 09 Januari 2020 15:02 WIB
    150 Korban Banjir Lebak Dievakuasi dari Hutan
    Terdampak banjir di Lebak, Banten. Foto: ANT/ASEP FATHULRAHMAN
    Lebak: Sebanyak 150 orang terjebak di kawasan hutan Cibanung, Lebak, Banten, setelah banjir bandang dan longsor terjadi pada Rabu, 1 Januari 2020. Mereka telah dievakuasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak. 

    "Mereka masyarakat Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Lebak Gedong. Semua warga yang terjebak di kawasan hutan itu dievakuasi ke Posko Pengungsian GOR Futsal Desa Banjar Irigasi dan Dodiklatpur, Ciuyah," kata Ketua PMI Kabupaten Lebak Haryono di Lebak, Kamis, 9 Januari 2020.

    Dia menerangkan masyarakat yang terjebak di kawasan hutan sebanyak 150 orang, terdiri dari anak-anak dan lansia. Kondisi mereka saat ditemukan lemah dan di antaranya sakit. 

    "Selama terdampak bencana, persediaan logistik terbatas dan curah hujan juga cenderung meningkat. Kami melakukan evakuasi warga Cigobang itu bersama Basarnas, TNI dan Polri," jelasnya.

    Dia melanjutkan pihaknya terus menyalurkan bantuan ke posko pengungsian untuk pengungsi. Sebanyak  22 petugas PMI Lebak masih melakukan evakuasi di sejumlah permukiman yang terisolasi. 

    Saprudin, warga Cigobang Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, mengaku lega setelah dievakuasi ke Posko Pengungsian GOR Futsal Desa Banjar Irigasi. Kini kebutuhannya seperti makan dan kesehatan terpenuhi. 

    "Kami dan keluarga sekarang belum memikirkan untuk kembali ke pemukiman, karena dipastikan rumahnya mengalami kerusakan," ujar Saprudin.

    Dia menuturkan dirinya bersama keluarga kekurangan logistik selama berlindung di kawasan hutan Cibanung. Pihaknya pun mengandalkan tenda seadanyan untuk menghalau dingin. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id