BPBD Tetapkan Status Pagar Alam Siaga Longsor

    Gonti Hadi Wibowo - 06 Januari 2020 19:54 WIB
    BPBD Tetapkan Status Pagar Alam Siaga Longsor
    Jembatan Air Mulak di Kabupaten Lahat, Sumsel yang ambruk diterjang banjir bandang. Foto: Istimewa
    Palembang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menetapkan status Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan siaga bencana tanah longsor. 

    Dalam waktu dekat, beberapa wilayah di Sumsel yang terkena dampak bencana banjir bandang, tanah longsor, dan angin puting beliung berpeluang statusnya segera ditetapkan menjadi siaga.

    “Dengan diterapkan status, memudahkan operasional perangkat daerah dalam menangani bencana,” kata Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, Senin 6 Januari 2020.

    Sedangkan untuk daerah rawan bencana banjir di Sumsel itu berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan beberapa wilayah perairan kabupaten/kota rawan bencana banjir.

    “Beberapa daerah lainnya bisa juga dinaikkan statusnya. Kami bersama Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial sudah siaga dan siap dalam mengantisipasi bencana nantinya,” jelasnya.

    Sementara itu, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan pihaknya bakal membangun posko terpusat dan apel kesiapan dalam menangani bencana di Sumsel.

    “Polri membentuk operasi khusus Aman Nusa II yang dibentuk langsung oleh Kapolri yang dipimpin oleh Kabaharkam kalau ditingkat Polda itu diketuai Kapolda dan wakilnya Wakapolda,” katanya.

    Jika sewaktu waktu bencana alam terjadi personel siap diterjunkan yang fokus utamanya menyelamatkan korban dan penanganan korban pasca bencana.

    “Intinya pemerintah selalu hadir dalam setiap bencana alam terjadi untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada korban,” pungkasnya. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id