Cerita Wali Kota Malang Pernah Disebut 'Habibie Muda'

    Daviq Umar Al Faruq - 12 September 2019 15:24 WIB
    Cerita Wali Kota Malang Pernah Disebut 'Habibie Muda'
    Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)
    Malang: Wali Kota Malang Sutiaji mengaku punya kenangan khusus dengan sosok mendiang Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Ia bercerita pernah disebut sebagai 'Habibie Muda'.

    Kisah itu bermula saat Sutiaji masih berkuliah di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan aktif di organisasi pergerakan mahasiswa.

    Kala itu ia bertugas mewawancarai seseorang. Tak disangka, narasumber justru menunjuk Sutiadi sebagai Habibie muda.

    "Karena beliau (Habibie) adalah seorang ilmuwan. Narasumber itu bilang 'loh, ini Habibie muda'. Waktu itu saya bangga, Pak Habibie kan orang pintar," katanya kepada Medcom.id, Kamis, 12 September 2019.

    Kenangan itu lah yang terus diingat oleh Sutiaji hingga saat ini. Sosok Habibie diakuinya begitu menginspirasi sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

    Pada kesempatan lain, Sutiaji juga mengaku pernah bersinggungan langsung dengan Habibie saat masih aktif dalam organisasi di kampus. Yakni, saat pembentukan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

    "ICMI dulu embrio nya termasuk dari kami-kami. Karena kami dulu di IAIN tidak punya koneksi, ambilnya dari teman-teman dari Fakultas Teknik UB (Universitas Brawijaya)," bebernya.

    ICMI, kata Sutiaji, dibentuk pada 7 Desember 1990 dalam sebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang, 6-8 Desember 1990. Dalam pertemuan itu Habibie ditunjuk sebagai ketua ICMI pertama.

    "Alhamdulillah karena waktu itu orang yang dekat dengan Pak Presiden adalah Pak Habibie. Beliau Menristek waktu itu. Bagaimana organisasi itu biar kuat, simbolnya mendatangkan presiden. Pak Habibie lah salah satu representasi itu," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id