comscore

Dinkes DIY Minta Orang Tua Awasi Jajanan Anak di Sekolah Antisipasi Hepatitis Akut

Ahmad Mustaqim - 13 Mei 2022 16:20 WIB
Dinkes DIY Minta Orang Tua Awasi Jajanan Anak di Sekolah Antisipasi Hepatitis Akut
Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Yogyakarta: Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kasus hepatitis akut misterius belum terdeteksi di wilayahnya. Namun, Dinkes telah membuat langkah antisipasi penyebaran wabah ini.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaning Astutie mengatakan beragam langkah antisipasi sudah dijalankan sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya dengan membudayakan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat. Menurut dia, hidup sehat menjadi salah satu faktor penting menjaga ancaman penyakit, khususnya mereka yang banyak beraktivitas di luar rumah.
"Juknis (petunjuk teknis) pemerintah pusat mengingatkan orang tua dan anak usia di bawah 16 tahun berhati-hati di tempat kegiatan (di luar rumah)," kata Pembayun di Yogyakarta, Jumat, 13 Mei 2022.

Langkah itu dilatarbelakangi kasus yang selama ini muncul terjadi pada anak-anak. Untuk itu, kegiatan pembelajaran tatap muka yang saat ini sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah harus dibarengi dengan menjaga kesehatan dan kebersihan, serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Baca: Warga Kepri Disebut Lebih Takut Covid-19 Ketimbang Hepatitis Akut

"Kalau jajan di warung sekolah harus ada pemantauan higienisitasnya. Pihak sekolah juga perlu bekerja sama dengan Puskesmas mengantisipasi bila ada dugaan kasus," ujarnya.

Ia mengungkapkan, upaya sosialisasi lewat petugas kesehatan di masing-masing daerah mencoba dioptimalkan. Apalagi gejala hepatitis akut misterius yang ditemukan di Indonesia hampir sama dengan hepatitis pada umumnya.

Pembajun menyebut tindakan pengujian sampel sudah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir. Pengujian sampel dilakukan di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

"Sampai hari ini data kasus belum ada. Dikek ke FK-KMK UGM dan rumah sakit belum ada. Namun, upaya pencegahan terus kami lakukan," ucapnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id