Pemudik ke Tebing Tinggi Wajib Punya SIKM

    Media Indonesia.com - 20 April 2021 07:01 WIB
    Pemudik ke Tebing Tinggi Wajib Punya SIKM
    Mudik Lebaran. Foto : MI.



    Tebing Tinggi: Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi mewajibkan setiap pemudik yang akan masuk ke Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara, saat momen mudik Lebaran 2021, memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan/atau surat keterangan bebas covid-19. Hal ini ditunjukkan dengan surat keterangan hasil rapid antigen yang masih berlaku.

    "Bagi pemudik yang tidak dapat menunjukkan SIKM dan atau surat keterangan bebas covid-19, maka pemudik akan dilakukan rapid antigen dengan biaya mandiri," kata Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, melansir Mediaindonesia.com, Selasa, 20 April 2021.






    Dia menlanjutkan, jika pemudik menolak akan diisolasi selama empat hari dengan biaya makan sendiri. Jika tidak mau juga, maka pemudik diminta pulang ke daerah asal.

    Baca: Konsekuensi Pelonggaran

    Umar menegaskan, akan melakukan penyekatan. Penyekatan dimulai 6 Mei - 17 Mei 2021 di empat titik pintu masuk kota Tebing Tinggi. Yaitu Terminal Bandar Kajum, Paya Pasir, Pabatu, dan Brohol.

    "Dengan adanya operasi mudik lebaran maka diharapkan agar masyarakat patuh dan taat terhadap setiap himbauan dan aturan-aturan yang disampaikan oleh pemerintah sehingga kita dapat mencegah penyebaran covid-19," ujarnya.

    Umar menjelaskan operasi mudik Lebaran akan dilaksanakan pada 1-18 Mei 2021 dengan tetap memegang peraturan dan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah pusat.

    Baca: Pemkot Surakarta Segera Sosialisasikan Aturan Mudik Lebaran

    "Kita baru saja melakukan rapat hari ini, kita akan melakukan operasi mudik lebaran ini secara formal. Insyaallah tanggal 1 sampai 18 Mei 2021. Kita tetap memegang peraturan dan protokol yang dianjurkan oleh pemerintah pusat melalui keaktifan kelurahan dan kecamatan,'' jelasnya.

    Dari data Dinas Kesehatan Pemkot Tebing Tinggi terhitung hingga 19 April 2021, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tebing Tinggi mencapai 39 kasus.

    Terkait masih tingginya angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tebing Tinggi, Pemkot Tebing Tinggi akan memberlakukan sejumlah aturan terkait kegiatan Mudik Lebaran bagi warga yang ingin mudik ke kota Tebing Tinggi.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id