Menkes Sebut Momen Liburan Sumbang Kasus Covid-19 Capai 40 Persen

    Ahmad Mustaqim - 28 Januari 2021 22:13 WIB
    Menkes Sebut Momen Liburan Sumbang Kasus Covid-19 Capai 40 Persen
    ilustrasi Medcom.id



    Yogyakarta: Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyebut penambahan kasus covid-19 setelah momen liburan sangat tinggi. Bahkan ia menyebut persentasenya bisa mencapai 40 persen dari rata-rata.

    "Data menunjukkan (kenaikan kasus penularan covid-19) naik 40 persen kasus aktif setiap (selesai) liburan," kata Budi di Yogyakarta, Kamis, 28 Januari 2021.






    Baca: Banyuwangi Target Vaksinasi Tahap Pertama Rampung Empat Hari

    Budi menjelaskan libur panjang akhir tahun 2020 menjadi salah satu penyumbang kasus dalam jumlah besar. Ia mengatakan masyarakat kurang mematuhi protokol kesehatan dan disertai dengan tingginya mobilitas warga membuat risiko penularan covid-19 kian besar.

    Dia mengungkapkan hal itu bisa dilihat saat November 2020 dengan jumlah kasus aktif sekitar 50 ribu. Dalam dua bulan, kata dia, jumlah kasus aktif meningkat menjadi lebih dari 140 ribu.

    Tingginya peningkatan kasus, ia mengatakan, turut meningkatkan kebutuhan fasilitas di fasilitas kesehatan, termasuk di rumah sakit. Ia memperkirakan hampir 40 persen kasus aktif membutuhkan perawatan di fasilitas kesehatan.

    "Jadi, saat kasus aktif ini mencapai lebih dari 140 ribu, kebutuhan bed critical lima persen dan 30 persen butuh bed non critical," ungkapnya.

    Ia tak menampik akan sulit memenuhi kebutuhan tambahan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan jika kasus terus meningkat tajam. Ia meminta konsistensi dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan di hampir setiap aktivitasnya.

    "Yang paling penting mengurangi kasus aktif dengan cara menaati prokes dan mengurangi mobilitas supaya kasusnya bisa turun kembali. Sehingga rekan-rekan di rumah sakit, nakes (tenaga kesehatan) juga tidak terlalu berat bebannya," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id