Stok Pangan di DIY Aman, Konsumsi Masyarakat Butuh Didorong

    Ahmad Mustaqim - 29 Maret 2021 23:54 WIB
    Stok Pangan di DIY Aman, Konsumsi Masyarakat Butuh Didorong
    Sejumlah bahan kebutuhan pokok dijual di Pasar Beringharjo Yogyakarta. ANTARA/Eka AR



    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) berupaya menjamin stok pangan aman hingga bulan ramadan. Dalam posisi itu konsumsi masyarakat masih perlu didorong.

    "Kami masih mendorong konsumsi masyarakat, seperti relaksasi pajak agar masyarakat melonggarkan biaya belanja," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekprov DIY, Tri Saktiyana, di Yogyakarta, Senin, 29 Maret 2021.






    Baca: Penularan Covid-19 Klaster Takziyah Menyeruak di Sleman

    Ia mengatakan harga sejumlah komoditas bahan pokok masih terbilang fluktuatif. Misalnya harga cabai yang sempat beberapa pekan di atas Rp100 ribu menjadi sekitar Rp80 ribu per kilogram.

    Selain itu, menurut dia, stok berbagai kebutuhan pokok masih aman di pasar. Menurut dia, tim TPID telah memantaunya di berbagai pasar, mulai di Bantul, Kulon Progo, Sleman, hingga Gunungkidul.

    "Stok daging cukup, malah pembeli turun separo lebih sedikit. Ini karena mahasiswa belum masuk. Ketersediaan masih cukup, harganya juga stabil," jelasnya.

    Kepala Biro Perekonomian dan SDA Sekprov DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan pemerintah akan terus memantau secara berkala berbagai kebutuhan pokok hingga dan saat ramadan. Ia mengatakan distribusi bahan yang dibutuhkan dari luar daerah akan diupayakan lancar.

    "Mudah-mudahan salama ramadan (harga kebutuhan pokok) stabil. Kenaikan tak signifikan. Semoga tak mengganggu konsumsi masyarakat," kata Made.

    Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Miyono, menambahkan sejumlah kebutuhan pokok yang perlu dipantau di antaranya cabai, bawang merah, telur, dan daging ayam. Sebagai anggota TPID DIY, pihaknya mendorong konsumsi masyarakat bisa meningkat perlahan.

    "Kami akan terus monitoring, khususnya cabai, bawang merah, telur dan daging ayam. Kami berharap bisa kendalikan (harga kebutuhan pokok) dengan baik," ungkap Miyono.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id