Merawat Nasionalisme di Perbatasan

    Gervin Nathaniel Purba - 27 November 2020 18:16 WIB
    Merawat Nasionalisme di Perbatasan
    TNI AL menanamkan nilai nasionalisme kepada siswa di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara (Foto:Dok.Metro TV)
    Talaud: Dalam menjaga perbatasan, TNI tidak hanya bertugas menjaga keamanan wilayah. TNI juga berperan dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan merawat nasionalisme.

    Kepada tim BAKTI untuk Negeri, Danpol-AL Miangas Kapten (POM) Joni Demadika menunjukkan peran TNI dalam bidang pendidikan saat bertugas di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. Joni mengajarkan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara di Sekolah Dasar Negeri Miangas.

    Joni mengajar di Sekolah Dasar Negeri Miangas selama sekali dalam sebulan. Kesempatan ini sangat disyukurinya. Para murid juga senang sekali.

    Hal yang melatarbelakangi Joni mengajar ialah karena banyak anak yang menganggap Pulau Miangas merupakan bagian dari Filipina, bukan Indonesia.

    "Saya olahraga sore mengitari kampung. Bertemu sekumpulan anak kecil, usia sekitar kelas 6 SD. Saya tanya, ini pulau apa? Mereka jawab, Pulau Miangas. Saya tanya, Miangas masuk negara apa? Ada anak yang bilang Filipina," ujar Joni, pada program BAKTI untuk Negeri di Metro TV.

    "Dari situ, ketika saya sampai di pos AL, saya berpikir bagaimana caranya menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda," ujar Joni.

    Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Melonguane-Talaud Letkol (Mar.) Adi Sucipto mengatakan semua personel diharuskan rutin mendatangi berbagai sekolah di Pulau Miangas. Sebab, anak-anak di Miangas harus ditanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini.

    Dengan kehadiran TNI di sekolah tersebut diharapkan anak-anak Miangas dapat mengenal identitas bangsa dan mencintai NKRI.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id