Pelayanan Kesehatan di Aceh Direpotkan Peningkatan Kasus Covid-19

    Fajri Fatmawati - 29 April 2021 18:10 WIB
    Pelayanan Kesehatan di Aceh Direpotkan Peningkatan Kasus Covid-19
    ilustrasi Medcom.id



    Banda Aceh: Satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 Aceh menyatakan kasus harian covid-19 di Aceh semakin meningkat. Hal tersebut akan mengakibatkan pelayanan kesehatan di Aceh bakal jebol jika kasus covid-19 tidak terkendali.

    Juru bicara satgas penanganan covid-19, Saifullah Abdulgani, mengatakan kasus harian per 28 April 2021 bertambah sebanyak 71 orang, empat orang meninggal. Selain itu pasien covid-19 yang sembuh juga bertambah 107 orang.






    "Peningkatan angka kesembuhan menunjukkan sistem pelayanan kesehatan di Aceh masih dapat melayani penderita covid-19 secara optimal. Tetapi, sekuat apa pun sistem pelayanan kesehatan itu akan jebol apabila kasus baru terus meningkat tanpa kendali," kata Saifullah, Kamis, 29 April 2021.

    Baca: Bandung Siagakan 8 Cek Poin Halau Pemudik

    Saifullah meminta semua pihak bekerja keras melakukan pengendalian penularan dan melokalisir penyebaran covid-19. Pihakya meminta Pemerintah kabupaten/kota melalui satgas covid-19 mesti giat melakukan testing penduduk berisiko.

    "Aktif melacak kontak erat (tracing), dan juga meningkatkan kapasitas ruang isolasi serta ruang perawatan rumah sakit," jelasnya.

    Saifullah mengatakan masyarakat yang menjadi sasaran testing dan tracing itu harus bersedia diswab, melakukan isolasi mandiri secara ketat, mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan, dan proaktif mengikuti program vaksinasi covid-19 yang terus berlanjut di bulan suci Ramadan.

    "Semua pihak harus kompak dan bersatu melawan covid-19 agar tragedi kemanusiaan yang terjadi di India tidak sampai terulang di Aceh, dan Indonesia," ungkapnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id