Sungai Babakan Brebes Meluap, Rumah Warga Tergenang

    Media Indonesia.com - 17 Februari 2021 14:32 WIB
    Sungai Babakan Brebes Meluap, Rumah Warga Tergenang
    Jalan nasional di Kota Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir. (Foto: MI/Supardji Rasban)
    Brebes: Hujan yang terus mengguyur sejak Rabu dini hari, 17 Februari 2021, membuat ratusan rumah warga pada empat desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam. Hingga kini warga masih mengkawatirkan banjir bertambah parah mengingat cuaca yang masih mendung.

    Empat desa di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes yang terendam yakni Ketanggungan, Dukuhturi, Padakaton, dan Karangmalang. Kepala Desa (Kades) Padakaton Ahmad Tasdik menuturkan, genangan berasal dari limpasan air Sungai Babakan.

    "Ketinggian air yang masuk rumah warga ada yang hingga 70 sentimeter. Kami meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung melakukan penanganan pada tanggul yang kritis di sejumlah titik di sungai babakan," ujar Ahmad Tasdik.

    Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap II Riau Sasar 925.362 Orang

    Tasdik mengaku sebelumnya sudah melakukan perbaikan tanggul tapi tidak maksimal. Warga hanya menggunakan karung-karung berisi tanah yang ditumpuk.

    Sementara itu Bupati Brebes Idza Priyanti mengaku sudah berkoordinasi dengan BBWS Cimanuk-Cisanggarung untuk melakukan penanganan tanggap darurat di tanggul-tanggul sungai babakan yang jebol.

    "Karena itu merupakan kewenangan pihak BBWS bukan Pemkab Brebes," kata Idza.

    Banjir di wilayah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Jawa Tengah bukan yang pertama kali terjadi. Namun sudah sering terjadi pada setiap musim penghujan tiba akibat luapan dari Sungai Babakan. (Supardji Rasban)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id