Helikopter Dioptimalkan Salurkan Bantuan ke Tempat Terisolir di NTT

    Antara - 07 April 2021 23:05 WIB
    Helikopter Dioptimalkan Salurkan Bantuan ke Tempat Terisolir di NTT
    Petugas PLN memperbaiki gardu listrik yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-PLN)



    Jakarta: Penggunaan helikopter dioptimalkan untuk menyalurkan bantuan bencana ke sejumlah wilayah terisolasi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengatakan sudah ada empat helikopter yang dua di antaranya di Maumere, satu di Kupang, satu di Sumba, sedangkan dua lainnya diharapkan tiba di NTT pada Kamis, 8 April 2021.






    "Khusus yang terisolir di Malaka, Adonara, Alor, Rote Ndau, dan beberapa tempat lainnya akan kita optimalkan untuk memanfaatkan helikopter," kata Doni dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 April 2021.

    Baca: Jatim Kirim Bantuan untuk Korban Bencana di NTT

    Doni menjelaskan karena cuaca masih mengalami perubahan di lokasi bencana, maka penyaluran bantuan dengan helikopter masih terhambat. Kondisi hujan lebat di Larantuka dan kondisi berkabut pada pagi tadi, Doni bersama Wakil Gubernur NTT dan Bupati Flores Timur juga tidak dapat terbang untuk mendatangi lokasi bencana di Adonara.

    "Besok, 8 April harapannya cuaca semakin baik sehingga tempat yang belum terjangkau jalur darat dan laut dapat terjangkau," jelasnya.

    Doni menuturkan saat ini unsur TNI AD dari jajaran Kodam Udayana telah mendirikan dapur lapangan di setiap lokasi pengungsian, termasuk memperkuat posko di tiap-tiap daerah, sedangkan TNI AL telah menyiapkan sejumlah kapal, di antaranya KRI Oswald Siahaan yang akan sandar di Maumere membawa perlengkapan dan keperluan logistik, dan KRI Ahmad Yani yang akan sandar juga di tempat itu untuk membawa perlengkapan dan logistik.

    Selain itu KRI Semarang akan membawa rumah sakit lapangan dan hal itu sedang disiapkan di tempat yang membutuhkannya, KRI Teluk Amboina, KRI Tanjung Kambani, dan KRI Eskolar serta satu unit 'sea raider' yang nanti bisa dimobilisasi di sekitar Larantuka dan Adonara.

    Demikian juga dari TNI AU menyiapkan sejumlah pesawat herkules untuk memobilisasi personel TNI yang akan ditugaskan di beberapa tempat sebagaimana sudah disampaikan Panglima TNI.

    Jajaran Polri, Doni mengatakan sudah menggelar dapur lapangan di sejumlah tempat dan memberikan dukungan tim medis untuk membantu tim medis daerah dalam perawatan pasien. Semua bergabung dengan unsur Kementerian Sosial, termasuk dari Tagana.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id