Stok Pangan di Sulut Aman Jelang Idulfitri

Mulyadi Pontororing - 13 Juni 2018 16:19 wib
Pedagang menunjukkan cabai merah. Antara/Sigid Kurniawan
Pedagang menunjukkan cabai merah. Antara/Sigid Kurniawan

Manado: Satuan Tugas Pangan Polda Sulawesi Utara memastikan ketersediaan pangan di Sulut relatif tercukupi jelang Idulfitri 1439 Hijriah. Tim telah berkoordinasi dan bekerja sama untuk memantau kondisi lapangan dengan Bulog Sulutgo dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulut.

"Contohnya stok beras masih tersedia hingga 5,5 bulan ke depan sedangkan untuk bahan komoditas lainnya juga masih tersedia dan masih cukup stabil di bawah harga eceran tertinggi,” kata Kasubdit Indagsi Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulut AKBP Yandri Makaminan Rabu, 13 Juni 2018, di Mapolda Sulut.

Distribusi pangan masih aman dan tidak ada gangguan. Khusus untuk distribusi di kepulauan, dia mengakui masih terpengaruh cuaca dan tergantung kapal yang menyeberang.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satgas Pangan juga sering berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk para pedagang atau pengepul.

Misalnya harga daging ayam sempat naik pada pertengahan puasa. Pedagang bersedia menurunkan harga setelah berkoordinasi bersama Tim Satgas Pangan.

Begitu juga harga dengan harga cabe rawit yang naik pada awal puasa karena stok dari daerah Gorontalo berkurang. Seminggu berjalan sampai saat ini harga sudah kembali normal.

"Untuk saat ini atensi Satgas Pangan masalah penimbunan. Kita setiap hari mengecek juga melalui polres-polres. Jika ditemukan penimbunan akan kita proses sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Pihaknya terus berkomitmen utnuk menjaga harga-harga agar tidak naik, begitu juga ketersedian bahan pokok selalu terjaga.


(SUR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.