Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Terdeteksi, Warga Yakin Bukan Dongeng

    MetroTV - 22 Oktober 2021 19:35 WIB
    Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Terdeteksi, Warga Yakin Bukan Dongeng
    Titik kordinat tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ditemukan (Metro TV)



    Lamongan: Tim arkeolog dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan dugaan lokasi atau titik tenggelamnya Kapal Van Der Wijck di sekitar perairan Brondong, Lamongan. Masyarakat sekitar memang telah meyakini sejak awal tenggelamnya kapal legendaris itu bukan dongeng belaka.

    Masyarakat sekitar percaya tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memang nyata dari monumen Kapal Van Der Wijck. Monumen tersebut dibangun oleh Pemerintah Belanda sebagai penghargaan bagi para nelayan maupun masyarakat sekitar sejak 20 Oktober 1936.

    “Dibangunkan sebuah monumen bersejarah oleh Pemerintah Belanda sebagai penghargaan atas upaya penyelamatan oleh warga sekitar maupun nelayan terkait proses evakuasi penumpang,” ujar jurnalis Metro TV Sholihul Huda melaporkan untuk program Headline News di Metro TV, dari Lamongan, Jawa Timur, Jumat, 22 Oktober 2021.

    Monumen bersejarah tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memang banyak dikunjungi siswa maupun pecinta sejarah. Namun, kondisi monumen tersebut saat ini sedikit tidak terawat dan ada bagian yang lubang bahkan rusak.

    Masyarakat sekitar percaya posisi tenggelamnya Kapal Van Der Wijck berada 75 mil dari desanya menuju ke arah laut. Pemerintah Daerah juga terus mengingatkan agar para nelayan dan masyarakat tidak merusak titik koordinat dugaan tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

    “Untuk sama sama menjaga agar titik koordinat yang sudah ditentukan tidak dirusak oleh nelayan. Nelayan setempat pun tidak ada yang berani mendekat karena tergolong mistis,” jelas Sholihul.

    Tim gabungan arkeolog BPCB Jawa Timur yakin 70 persen bahwa dokumentasi foto atau video yang didapatkan merupakan Kapal Van Der Wijck. Namun, karena perairan Lamongan yang cukup keruh, tim arkeolog masih terus melakukan survei pada Oktober ini. (Widya Finola Ifani Putri)(MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id