Pekan Depan Jembatan Comal bisa Dilintasi Kendaraan Bertonase Besar

    Akhmad Safuan - 13 Agustus 2014 12:10 WIB
    Pekan Depan Jembatan Comal bisa Dilintasi Kendaraan Bertonase Besar
    Jembatan Comal. ANTARA/Oky Lukmasnyah



    Mwtrotvnews.com, Pemalang: Jembatan Comal di jalur pantura Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, tidak lama lagi dapat dilintasi kendaraan angkutan berat di atas 10 ton, setelah dipasangi shoring (penopang).

    Pada Rabu (13/8/2014) perbaikan jembatan Comal, Kabupaten Pemalang terus dikebut, jembatan sisi utara yang baru dalam tahap perbaikan darurat setelah ambles beberapa waktu lalu hingga kini masih dilalui kendaraan kecil dan kendaraan angkutan barang dan penumpang dibawah 10 ton.

     



    Untuk menyeleksi kendaran yang melintas, terutama truk angkutan barang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng telah memasang jembatan timbang portabel di depan Pos Polisi Blandong atau sekitar 500 meter dari Jembatan Comal. Untuk itu, kendaraan bertonase diatas 10 ton langsung diperintahkan memutar balik dan melintas ke jalur alternatif, jalur selatan, ataupun jalur tengah.

    Perbaikan Jembatan Comal terus dikebut siang malam, saat ini pemasangan empat tiang pancang untuk jembatan sisi utara telah selesai dilakukan. Menurut rencana tiang pancang sedalam 36 meter ini untuk menyangga shoring (penopang) yang melintang di bawah jembatan.

    Konsultan Supervisi dari Satuan Kerja Pelaksana dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Jawa Tengah Ari Budiman mengatakan setelah dipasang shoring ini, jembatan dapat dilintasi kendaraan diatas 10 ton.

    "Jika pekerjaan lancar dan tidak ada kendala yang berarti, pekan depan pemasangan selesai sehingga jembatan Comal sudah dapat dilintasi kendaraan bertonase besar," kata Ari Budiman.

    Untuk mempercepat proses perbaikan, demikian Ari Budiman, terutama pemasangan tiang pancang didatangkan tambahan satu lagi alat hummer (palu) ke Jembatan Comal, karena saat ini palu yang digunakan dalam proses perbaikan jembatan comal hanya ada satu.

    Menurut rencana, ujar Ari Budiman, tiang pancang akan dipasang sebanyak delapan buah di Jembaran Comal B (Jembatan Comal sisi utara) yakni empat tiang pancang di sisi kanan dan kiri jembatan, berfungsi untuk menyangga shoring yang melintang di bawah jembatan. "Setelah setelah dipasangi shoring daya dukung Jembatan Comal sisi utara akan kembali normal," tambahnya.(Antara)

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id