2.400 Kit Rapid Test Disebar ke Puskesmas dan RS Depok

    Octavianus Dwi Sutrisno - 29 Maret 2020 05:26 WIB
    2.400 Kit Rapid Test Disebar ke Puskesmas dan RS Depok
    Warga berjalan dengan latar depan spanduk bertuliskan covid-19 di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis, 12 Maret 2020. Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
    Jakarta: Wali Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), Mohammad Idris Abdul Shomad, menyebut 2.400 kit pemeriksaan massal (rapid test) virus korona (covid-19) sudah didistribusikan. Alat ini diserahkan kepada rumah sakit maupun puskesmas yang melayani pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam  pemantauan (ODP). 

    "Tadi saya sudah menghubungi Pak Gubernur (Ridwan Kamil) dan akan ada bantuan alat rapid test lagi. Di samping itu, juga kami sudah melakukan pemesanan alat rapid test yang mudah-mudahan segera akan dikirim," kata Idris di Depok, Sabtu, 28 Maret 2020.

    Menurut dia, ada seribu kit yang akan diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Sementara itu, untuk alat pelindung diri (APD) petugas medis, Idris mengakui masih terbatas. Ada kelangkaan di pasaran sejak wabah virus korona meningkat. 

    "Saat ini masih kami pesan, memang barangnya sulit ditemukan kita sudah meminta juga ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Pusat maupun Pemprov Jabar, dengan bersurat maupun kontak langsung jejaring mudah-mudahan bisa segera tersedia," beber dia.

    Untuk mengantisipasi lonjakan korban virus korona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok telah membuka lowongan pekerjaan khusus untuk pekerja medis. Formasi pekerjaan yang disediakan berupa pegawai tidak tetap.

    "SK-nya (surat keputusan) sudah dikeluarkan, tertuang pada Surat Pengumuman Direktur RSUD Kota Depok Nomor : 445/557-UPEP. Formasi tenaga kesehatan yang diperlukan sebanyak 39 orang dan tenaga nonkesehatan sebanyak 16 orang," jelas Idris.

    2.400 Kit Rapid Test Disebar ke Puskesmas dan RS Depok
    Petugas medis mengecek kesehatannya dengan mengambil sampel darah dengan metode rapid test (pemeriksaan cepat) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 25 Maret 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

    Baca: 10 PDP di Depok Meninggal

    Hingga saat ini, banyak relawan yang bergabung dalam upaya penanganan covid-19. Idris mengimbau jika ada relawan baik medis maupun nonmedis yang hendak bergabung langsung berkoordinasi dengan Gugus Tugas pada nomor telepon 08111232222.

    "Ayo bersama-sama kita melakukan aksi nyata dalam  menangani covid-19 di Kota Depok. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa memberi jalan kemudahan dan kita bisa cepat keluar dari ujian ini," ungkap dia.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id